KPU Mamuju Gelar Simulasi Pemungutan Suara di Tengah Pendemi Covid-19

Deskriptif.co.id, Mamuju – Pada tahun ini, untuk pertama kalinya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan dilaksanakan di tengah sebuah pandemi yang sedang berkecamuk. Pilkada serentak 2020 akan dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda seantero negeri dan dunia.

Puncak kontestasi politik lima tahunan itu akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 nanti, yang memaksa perubahan sejumlah aturan dalam pelaksanaannya. Salah satu yang berubah adalah tata cara pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Untuk mengantisipasi adanya terjadinya kesalahan prosedur saat hari pelaksanaan, KPU Mamuju melakukan simulasi pemungutan suara di Kawasan Rumah Adat Mamuju. Karena, terdapat banyak perubahan peraturan dalam pelaksanaan pemungutan suara nantinya.

“Pada Pilkada kali ini, standar kesehatan (protokol kesehatan Covid-19) itu betul-betul diperintahkan dalam pelaksanaan pemungutan suara di 9 Desember 2020 nanti,” kata Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang kepada wartawan, Sabtu (21/11/2020).

Dalam simulasi pemungutan suara ini, KPU Mamuju melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS), pihak keamanan dan sejumlah warga yang akan menyalurkan hak pilihnya.

Hamdan menambahkan, nantinya KPPS secara berkala akan menghimbau kepada para pemilih atau warga yang berada disekitar TPS untuk menaati protokol kesehatan, seperti tetap pakai masker dan menjaga jarak.

“Jika nantinya ada masyarakat yang tidak mematuhi aturan protokol kesehatan, maka pihak Kepolisian dan Linmas yang akan melakukan penindakan,” ujar Hamdan.

Untuk menghindari kerumunan atau bertumpuknya waga yang ingin menyalurkan hak pilihnya, maka pada surat undangan (formulir C6) tiap warga akan diatur waktu (jam berapa) mereka untuk bisa ke TPS menyalurkan hak pilihnya. Pengaturan waktu itu akan disesuaikan dengan jumlah pemilih di TPS.

“Petugas TPS nanti akan menuliskan di pemberitahuan, misalkan yang bersangkutan nomor 5, mungkin dia waktunya jam 7 sampai dengan jam 8. Petugas KPPS memiliki wewenang untuk membagi sesuai dengan jumlah pemilih dan waktu yang tersedia,” jelas Hamdan. (hab)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan

BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Menyerahkan Jaminan Kematian Prajurit TNI AD

MAMUJU, Suwarta.com – BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Barat kembali menyerahkan santunan Jaminan kematian sebesar Rp 42 juta kepada Ny. Mariana istri Almarhum Serma Hasan anggota Kodim 1418/Mamuju yang meninggal beberapa hari yang lalu. Penyerahan santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan dilaksanakan dikediaman Almarhum Serma Hasan di jalan Angsa Lingkungan Padang Baka Mamuju. Jumat, (2 /7/21). Danrem 142/Tatag […]

Bagikan

Ditunjang Sarana, Prajurit Korem 142/Tatag Aktif Olahraga

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, “Mens sana in corpore sano” hal ini sejalan dengan aktifitas yang dilakukan oleh Personel Korem 142/Tatag sebelum memulai kegiatan diawali dengan olahraga pagi, ini dilakukan setiap hari guna menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas. Ditunjang dengan fasilitas sarana olahraga yang sangat memadai misalnya, Lapangan bola, […]

Bagikan

ABM Angkat Bicara Soal Dinamika Musorprov KONI

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Pelaksanaan musyawarah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar yang berakhir Deadlock, dimana pencalonan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar sebagai kandidat satu-satunya mendapat protes. Menanggapi hal tersebut, nomor satu Sulbar tersebut mengungkapkan bahwa dinamika pelaksanaan Musorprov Koni Sulawesi Barat, dirinya secara pribadi yang telah ditetapkan oleh Tim Penjaringan Pendaftaran Calon Ketua yang ditangani […]

Bagikan