Resmikan Kotaku, ABM Harap Mamasa Terus Berkembang

MAMASA, DESKRIPTIF.CO.ID — Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar meresmikan program ‘Kota Kumuh’ (Kotaku) di Mamasa, Jumat, 8 Januari 2021.

Untuk program Kotaku di Mamasa, tiga kecamatan yang menjadi sasaran program yaitu, Kecamatan Tawalian, Sumarorong dan Mamasa.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menyampaikan, program tersebut menggunakan dana Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) , sebagai upaya mempercepat penanganan permukiman kumuh di perkotaan.

“Kita berharap melalui program Kotaku, maka penanganan pemukiman kumuh tertangani di tiga kecamatan tersebut. Suatu kesyukuran mendapatkan bantuan program dari pemerintah pusat. Sisa bagaimana daerah harus menyiapkan Sumber Daya Manusia menjemput program tersebut,” ujar ABM (sapaan) pada peresmian program Kotaku.

ABM juga berharap apa yang telah dibangun dapat dipelihara dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat sehingga kehidupan masyarakat bisa lebih nyaman.
Ditargetkan hngga 2022 mendatang menargetkan penanganan 6.000 Rumah tidak layak huni (RTLH).

“Itu bisa dikerjakan di enam kabupaten, seribu per kabupaten,” ungkapnya.

“Apa yang dikerjakan tahun 2020, kemudian berlanjut 2021, khusus program infrastruktur agar dikerjakan dengan baik,” jangan fiktif, jangan Mark-up, kerjakan sesuai aturan perundag-undangan,” tandasya

Wakil Bupati Mamasa Martinus Tiranda menyampaikan, program Kotaku pertamakalinya dijalankan di Mamasa. Itu tidak lepas dari upaya dan perjuangan Pemerintah daerah, kolaborasi antara Pemkab Mamasa dan Pemprov Sulbar mendapatkan perhatian pemerintah pusat.

“Kegiatan ini karena hasil perjuangan oleh Gubernur dan bapak kepala balai,” ungkapnya.

Menurutnya, program Kotaku relevan dengan harapan masyarakat. khususnya meminimalisir kumuh,

“Sehingga kami mengharapkan kegiatan serupa dapat dilaksanakan selanjutnya di Mamasa,” tambahnya.

Martinus pun mengingatkan setiap program dari pusat tentunya disusul miniroting dan evaluasi dari penegak hukum, termasuk Badan Pemeriksa Keuangan.

“Karena itu ia berharap kepada pihak yang terlibat agar menjalankan pekerjaan dengan rasa tanggung jawab,” tutup Martinus.

Diketahui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) merupakan Program yang dalam pelaksanaannya menggunakan platform kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kota/kabupaten, masyarakat dan stakeholder lainya dengan memposisikan masyarakat dan pemerintah kabupaten/kota sebagai pelaku utama (nakhoda).

Pada kesempatan tersebut, selain dilakukan peresmian ‘Kotaku’ juga dilakukan penyerahan bantuan pangan non tunai kepada perwakilan masyarakat Mamasa . Untuk Kabupaten Mamasa mendapatkan alokasi sebanyak 15.735 penerima.

Usai peresmian dan penyerahan bntuan, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar beserta romnongan melakukan peninjauan “Kotaku’ .

Turut mendampingi Gubernur Sulbar antara lain Wakil Ketua DPRD Sulbar, Abdul Rahim, unsur forkompinda Sulbar, pimpinan OPD dan undangan lain.(Adv/hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Danrem 142/Tatag Mengunjugi Kodim 1428/Mamasa

MAMASA, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Ketua Persit KCK Koorcabrem 142 Ny. Sari Firman Dahlan kunjungan kerja ke Kodim 1428/Mamasa disambut Dandim 1428/Mamasa Letkol Inf Stevi Palapa, S.Pd, Kajari Mamasa Erianto Laso Paundanan, SH.MH, Ketua Persit KCK Cabang XLVIII Dim 1428 Mamasa Ny. Ririvega Stevi dan seluruh Prajurit, PNS Kodim […]

Bagikan

Bom Bunuh Diri meledak di Makassar, Ketua FKUB Mamasa Imbau Masyarakat Tak Terpengaruh

MAMASA, Deskriptif.co.id – Bom bunuh diri yang terjadi di depan Gereja Katedral Makassar Sulawesi Selatan beberapa waktu yang lalu, menuai kecaman dari berbagai pihak. Bom dengan daya ledak rendah tersebut dibawa oleh pasangan Suami istri di saat umat kristiani tengah melaksanakan Ibadah Jumat agung jelang perayaan hari raya Paskah yang mengakibatkan dua orang tewas dan […]

Bagikan

Peringati Wafat Isa Al Masih, Polres Mamasa Perketat Pengamanan Gereja

MAMASA, Deskriptif.co.id – Personil Polres Mamasa dipimpin Kasat Binmas, Iptu Muh. Jalil Selaku Padal Pengamanan Gereja Toraja Mamasa (Gtm) Klasis Mamasa Kota Jemaat Sion Buntubuda melaksanakan pengamanan kegiatan ibadah dalam rangka Jumat Agung, Jumat (02/04/21) Pengamanan dilaksanakan untuk memberikan kenyamanan dan menjaga stabilitas keamanan umat beragama yang sedang menjalankan ibadah. ‚ÄĚSebelum pelaksanaan kegiatan ibadah, terlebih […]

Bagikan

Jelang Ramadan, KPID Minta LPB Memerhatikan Isi Siarannya

MAMASA, Deskriptif.co.id – Dalam upaya mencegah Penyebaran Pandemi Covid -19 yang semakin hari mengalami peningkatan. Dan juga menindaklanjuti surat edaran Komisi Penyiaran Indonesia Pusat mengenai Pelaksanaan siaran Ramadhan 1442 Hijriah. Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Barat langsung melakukan koordinasi dengan lembaga Penyiaran di daerah, seperti di Mamuju Tengah, Majene, Mamuju, Polewali dan Mamasa. Di […]

Bagikan