ABM Perintahkan OPD Tunda Program Yang Tidak Prioritas

MAMUJU, DESKRIPTIF.CO.ID – Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menegaskan kepada OPD untuk menunda program yang tidak prioritas.

Hal itu ditegaskan Gubernur saat memimpin rapat dengan Sekprov, para asisten, staf ahli dan pimpinan OPD di Rujab Gubernur Sulbar, Senin, 1 Februari 2021.

Rapat tersebut merupakan rapat perdana yang dilakukan pasca bencana gempa bumi mengguncang Majene- Mamuju, 15 Januari 2021.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengemukakan, saat ini semua harus fokus pada pemulihan pembangunan Sulbar. Koordinasi intens dengan semua pihak, dan juga Kementerian PU, kususnya Dirjen Cipta Karya sehingga semua bisa cepat action.

“Tetap jalankan program prioritas untuk tahun 2021 dan 2022. Kita juga dalam bekerja harus kompak , apa yang dikerjakan harus prioritas, jangan semua mau dapat anggaran, satu atau dua program saja kalau memang tidak bisa seperti selama ini. Tidak usah terlalu banyak program apalagi kita dalam kondisi bencana. Tambah lagi Covid-19 masih melanda. Yang terpenting adalah program prioritas dan pemulihan pasca bencana,” kata ABM.

Lanjutnya, saat ini yang menjadi kendala adalah masih banyak puing-puing reruntuhan, dan masih dalam proses pembenahan. Minggu ini diupayakan sudah rampung semunya dan segera dilaporkan ke pusat untuk secepatnya ditindaklanjuti sesuai instruksi presiden.

Ia juga mengimbau agar tetap waspada, karena sesuai informasi BMKG, gempa-gempa susulan akan ada, tapi kekuatannya sudah tidak sebelumnya, dan akan terus menurun, untuk itu, semua harus tetap waspada.

Selain mengingatkan untuk tetap fokus pada program prioritas dan pemulihan pasca gempa, ABM juga mengingatkan agar dari sekarang merancang program 2022 untuk selanjutnya program tersebut ditembuskan ke DPRD.

Sekprov Sulbar , Muhammad Idris menyampaikan , saat ini berada pada dua tekanan yaitu bencana Covid-19 yang angkanya terus fantastis, dimana angka terakhir telah menembus 99 yang mana merupakan klaster di pengungsian, karena itu di imbau untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pasca gempa bumi, pada masa transisi akan diambl alih oleh daerah. Satgas di bawah kendali Gubernur mengkoordinasikan seluruh operasional teekait lima hal.

Pertama, evakuasi dan penyelamatan, dimana saat ini data terakhir jumlah yang meninggal dunia sebanyak 100, terdiri dari Mamuju sebanyak 90 dan Majene sebanyak 10 orang. Kedua adalah pengungsian yang dikoordinir Satgas, ketiga fokus menyelesaikan daerah yang terisolasi, dimana saat ini kurang lebih 30an alat berat yang diturunkan, dan ini tidak bisa berjalan tanpa dukungan dari pemerintah pusat. Keempat, adalah pelayanan kesehatan, dimana ada RS. KM.Suharso dan RS. Lapangan yang disponsori oleh TNI AD, kelima adalah bagaimana satgas mengelola dalam merapikan puing-puing reruntuhan.

Terkait kondisi perkantoran saat ini, untuk sementara Gubernur mengendalikan dari rujab, dan alternatifnya akan dibuatkan kantor semacam pendopo di Lapangan , untuj wagub jiga akan berkantor dari rumah, sementra unruk sekda, asisten dan staf ahli direncanakan menggunakan tanah kosong jejeran depan Rujab Wagub, Sekda untuk sementara bisa digunakan.(Adv/hn)

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mengaku Salah, Gubernur Diminta Proses Pencopotan Kadispora Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Provinsi Sulbar, menindaklanjuti tuntutan yang telah disodorkan dalam gerakan aksi 2 Agustus 2021, diantaranya pencopotan, Kadispora Sulbar dan Kabid Kepemudaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Aliansi, Sofliadi. Berdasarkan pertemuan massa aksi yang difasilitasi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi yang juga dihadiri pihak Komisi IV, menghadirkan Kadispora Sulbar […]

Bagikan

11 Pejabat Dirotasi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 pejabat administrator dilingkungannya, Jumat (06/08/2021). Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, M Muflih B Fattah mengatakan, rotasi jabatan di lingkup Kemenag Sulbar memang harus dilakukan karena tuntutan organisasi. Hal itu juga sebagai bentuk penyegaran bagi pejabat ditempat mereka yang […]

Bagikan

Permudah Nelayan, DPK Mateng Ciptakan Aplikasi Penangkap Ikan

Deskriptif.co.id, Mamuju Tengah – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah (Mateng), temukan terobosan baru ciptakan aplikasi pendeteksi ikan guna mempermudah penangkapan ikan bagi nelayan di laut. I Made Kardiana, merupakan sosok yang mempelopori pembuatan aplikasi itu, juga sekaligus Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Mateng, menuturkan, aplikasi itu bernama Pamekang berasal dari bahasa Mamuju […]

Bagikan

Kasipers Korem 142/Tatag : Tugas Kedepan Harus Lebih Profesional

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Kasilog Korem 142/Tatag Kolonel Czi Bambang bertindak selaku Irup pada upacara Bendera mingguan di Korem 142/Tatag. Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan pengecekan personel oleh Kasipers Korem 142/Tatag Kolonel Inf. Masrief di lapangan apel Korem 142/Tatag. Senin (24/05/21) Kasipersonalia Korem 142/Tatag Kolonel Inf Masrief dalam arahannya lebih menekankan kebijakan Pimpinan TNI AD tentang kesejahteraan […]

Bagikan