Zona Gempa Sulbar Memasuki Kondisi Tektonik Segera Stabil

Zona Gempa Sulbar Memasuki Kondisi Tektonik Segera Stabil

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Kondisi Sulbar saat ini setelah mengalami gempa puluhan kali yang berpusat di Majene dan dirasakan di Mamuju memasuki kondisi “Post Seismic” kondis tektonik segera stabil.

Hal tersebut, disampaikan Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono, dirinya mengatakan kondisi Sulbar saat ini memasuki zona kondisi tektonik segera stabil.

“Update informasi gempa Majene dan Mamuju hingga hari Jumat 12 Februari 2021 pukul 8.00 WITA menunjukkan telah terjadi 41 kali gempa susulan (aftershocks). Sehingga zona gempa Majene dan Mamuju telah memasuki kondisi “post seismic”, kondisi tektonik segera stabil,” kata Daryono, Jumat 12 Februari melalui akun media sosialnya.

Lanjutnya, sedangkan total jumlah gempa sejak terjadinya gempa pembuka 14 Januari 2021 tercatat sebanyak 50 kali dengan aktivitas gempa dirasakan sebanyak 12 kali.

“Dengan memahami bahwa gempa Majene dan Mamuju memiliki produktivitas gempa susulan yang sangat rendah dan didukung perhitungan estimasi peluruhan gempa yang terus meluruh,” tuturnya.(hn)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *