Masuk Dalam Delapan Gubernur Terima Penghargaan, ABM : Ini Saya Dedikasikan Untuk Sulbar

JAKARTA, Deskriptif.co.id – Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar mendapatkan penghargaan dari Berita Satu Media Holdings (BSMH) berupa penghargaan “Berita Satu Public Leader Awards” yang ditayangkan melalui livestreaming Beritasatu News Channel, Selasa, 23 Februari 2021.

Penghargaan tersebut adalah apresiasi kepada para pemimpin publik di pusat dan daerah, yang berdasarkan kriteria-kriteria objektif, dinilai mampu menampilkan kepemimpinan inovatif di tengah pandemi covid-19.

Untuk kriteria penilaian, terdapat dua kategori yaitu, kategori Menteri dan kategori Gubernur.

Kategori Gubernur, penilaiannya yaitu, kebijakan gubernur yang mencerminkan penanganan covid-19 secara optimal, kebijakanya mampu menyelamatkan sector lainnya terutama sector ekonomi, serta kebijakan inovatif lain yang memberi dampak positif bagi kehidupan masyarakat.

Ada delapan gubernur yang menjadi penerima, salah satunya adalah Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar. Tujuh gubernur lainnya adalah Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Gubernur Kalimantan Selatan, Sabhirin Noor, Gubernur Riau, Syamsuar, Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Gubenrur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Selain kategori Gubernur, juga ada kategori Menteri, diberikan kepada penerima yaitu , Menteri Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN, Erick Thohir, Mendikbud Nadiem Makarim, Menlu Retno Mursudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koperasi , dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki.

Ketua Dewan Juri , Mohammad Nuh menyampaikan, tradisi pemberian penghargaan itu sangat positif , memberikan apresiasi kepada siapapun yang berkontorbusi positif untuk bangsa.

“Dengan demikian, orang berlomba memberikan kontribusi, termasuk pemimpin daerah yang mengeluarkan kebijakan mengatasi pandemi,” kata Nuh secara live dalam chanel youtube Beritasatu.

Untuk Sulbar, pemberian penghargaan itu didasari atas refleksi dari upaya Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menangani pandemic di Sulbar. Terbukti, dengan tingkat kematian akibat covid-19 sebesar 1,8 persen jauh lebih rendah dri rata-rata nasional sebesar 2,9998 persen.

Dari sisi ekonomi, tingkat penganggguran relative rendah. Pemicunya adalah sektor UMKM, dalam hal ini kredit UMKM tumbuh sebesar 4, 3 persen jauh lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang terkontraksi 1,62 persen.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menyampaikan terima kasih kepada Beritasatu Public Leader Award atas penghargaan bergengsi tersebut. Berbagai kebijakan telah dilakukan dalam penanganan covid-19 di Sulbar, yaitu dengan melibatkan semua pihak terkait, di tingkat provinsi dan kabupaten, termasuk TNI dan Polri, dengan mengoptimalkan koordinasi melalui video konferensi. Selain itu, Pemprov Sulbar juga memberikan bantuan sembako di 72 kelurahan se- Sulbar yang terdampak covid serta memberikan bantuan modal kepada 2821 UMKM/IKM.

“Ini merupakan sebuah penghargaan yang bermakna dan penyemangat sekaligus tantangan kami dalam menghadapi pandemic covid-19 di Sulawesi Barat data ini dan kedepan. Semua sumber daya di setiap level yang diwadahi Satgas Covid-19 dapat didayagunakan membangkitkan kebersamaan dan semangat partisipasi semua elemen, termasuk media massa dalam penyebarluasan informasi kebijakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat di bidang ekonomi dan penguatan ketahanan masyarakat menghadapi pandemi,” ucap ABM.

Lanjutnya, perjalanan melawan pandemic covid-19 di masa tanggap darurat gempa, telah memberikan pelajaran berharga untuk Sulbar, bagaimana merawat kebersamaan , tetap tabah dan kuat.

“Penghargaan ini kami dedikasikan untuk masyarakat Sulbar, terkhusus kepada almarhum dokter Alif Satria ,merupakan panglima dan tenaga kesehatan pertama yang gugur melawan covid,” tutupnya.

Ada beberapa Dewan Juri dalam penerimaan penghargaan yaitu Ketua Dewan Pers Prof. Mohammad Nuh, Rektor Universitas Indonesia , Prof. Ari Kuncor, Direktur Pusat Kedokteran Tropis , Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio, dan Direktur Pemberitaan Beritasatu Media Holdings, Primus Dorimulu.(*/hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mengaku Salah, Gubernur Diminta Proses Pencopotan Kadispora Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Provinsi Sulbar, menindaklanjuti tuntutan yang telah disodorkan dalam gerakan aksi 2 Agustus 2021, diantaranya pencopotan, Kadispora Sulbar dan Kabid Kepemudaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Aliansi, Sofliadi. Berdasarkan pertemuan massa aksi yang difasilitasi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi yang juga dihadiri pihak Komisi IV, menghadirkan Kadispora Sulbar […]

Bagikan

11 Pejabat Dirotasi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 pejabat administrator dilingkungannya, Jumat (06/08/2021). Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, M Muflih B Fattah mengatakan, rotasi jabatan di lingkup Kemenag Sulbar memang harus dilakukan karena tuntutan organisasi. Hal itu juga sebagai bentuk penyegaran bagi pejabat ditempat mereka yang […]

Bagikan

Permudah Nelayan, DPK Mateng Ciptakan Aplikasi Penangkap Ikan

Deskriptif.co.id, Mamuju Tengah – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah (Mateng), temukan terobosan baru ciptakan aplikasi pendeteksi ikan guna mempermudah penangkapan ikan bagi nelayan di laut. I Made Kardiana, merupakan sosok yang mempelopori pembuatan aplikasi itu, juga sekaligus Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Mateng, menuturkan, aplikasi itu bernama Pamekang berasal dari bahasa Mamuju […]

Bagikan

Kasipers Korem 142/Tatag : Tugas Kedepan Harus Lebih Profesional

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Kasilog Korem 142/Tatag Kolonel Czi Bambang bertindak selaku Irup pada upacara Bendera mingguan di Korem 142/Tatag. Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan pengecekan personel oleh Kasipers Korem 142/Tatag Kolonel Inf. Masrief di lapangan apel Korem 142/Tatag. Senin (24/05/21) Kasipersonalia Korem 142/Tatag Kolonel Inf Masrief dalam arahannya lebih menekankan kebijakan Pimpinan TNI AD tentang kesejahteraan […]

Bagikan