ABM : Sulbar Harus Mampu Bersaing Melalui SDM Berkualitas

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Salah satu misi Gubernur Sulbar adalah Sulbar harus mampu bersaing melalui sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, unggul dan berbudaya. Misi ini bisa terealisasi melalui pembinaan siswa berprestasi, sehingga putra dan putri Sulbar yang berprestasi mampu mendorong perubahan pola pikir masyarakat Sulbar untuk semakin maju nantinya.

Hal tersebut ditekankan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar saat menghadiri acara  Pembinaan Siswa Berprestasi melalui video conference di Rujab Gubernur Sulbar,  Senin 8 Maret 2021.

“Kita menginginkan anak-anak berprestasi di Sulbar ini bisa melanjutkan sekolah mereka di universitas terbaik. Melalui pembinaan ini kita menginginkan pembinaan berprestasi di bidang pendidikan esakta, namun  bukan berarti bidang pendidikan lainnya tidak kita lakukan pembinaan,”kata ABM.

Ali Baal berharap, kedepan para siswa-siswa berprestasi yang berasal dari Sulbar mampu mengabdi pada bidang-bidang, seperti menjadi dokter, angkatan militer, angkatan kepolisian dan pada instansi swasta yang berkualitas.

“Semua hal itu akan kita dorong pada pembinaan siswa berprestasi,”ucap ABM.

Gubernur Sulbar menegaskan, Sulbar tidak boleh tertinggal terlalu jauh dari daerah lainnya dari segi SDM dan juga pendidikan.

Olehnya itu, Ali Baal berpesan, jangan pernah berhenti belajar dan mengukir prestasi, sebab prestasi yang diraih para siswa merupakan salah satu bukti Sulbar mampu bersaing di bidang SDM.

“Untuk itu pembinaan seperti ini harus dilakukan secara rutin dan pertemuan-pertemuan membahas pendidikan juga harus dilakukan sesering mungkin,”tandasnya.

Kapela Disdikbud Prof Gufran Darma Dirawan mengatakan , sebanyak 120 siswa terbaik yang dipilih untuk dilakukan pembinaan secara khusus agar dapat lolos ke seluruh univesitas unggulan di Indonesia.

“Kita tes mereka (siswa) dengan soal yang sama dan setara dengan SNPTM dan tidak pernah dikerjakan oleh orang, hasilnya 19 anak-anak nilainya diatas 700 poin, 19 orang ini diyakini dapat lolos diseluruh universitas terbaik di Indonesia. Termasuk masuk Akpol, Akmil dan IPDN,”kata mantan WR II UNM itu.

Kemudian, lanjut Gufran, masih ada sekira 84 orang nilainya di atas 600 poin dan juga diyakini akan banyak lolos ke universitas terbaik di Indonesia.

“Kenapa kita lakukan pembinaan karena berharap dengan pembinaan ini nilainya jauh lebih tinggi,”ujanya.

Dikatakan,  sebanyak 120 siswa yang resmi masuk dalam program pembinaan. Semua siswa tersebut hadir dalam pembukaan pelatihan di LPMP Kabupaten Majene.

“Akan ada program khusus untuk mereka, hasilnya nanti akan dikirim ke seluruh sekolah untuk dipelajari dan didesiminasikan. Paling tidak tahun depan bisa mengubah kualitas mutu pendidikan kita jauh lebih tinggi,”ujarnya.

Lebih lanjut dikemukakan, sebanyak 120 siswa tersebut akan terus dilakukan pendampingan. Selain dilakukan uji kognitif juga akan dilakukan pembinaan minat khusus atau minat bakat.

“Disitulah nanti kita akan tahu, berapa yang masuk IPDN, Akmil, Polri, kemudian berapa yang masuk di kedokteran. Kita akan arahkan anak-anak kita,”ucapnya.

Saat ini, Disdikbud Sulbar melakukan seleksi pembinaan siswa berprestasi yang diikuti 1.089 siswa dari 10 siswa terbaik setiap SMA dan SMK se Sulbar.

Pada kegiatan tersebut, Gubernur Sulbar didamping Asisten I Bidang Pemkesra Setda Sulbar,  Muh. Natsir. (Adv/hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan

BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Menyerahkan Jaminan Kematian Prajurit TNI AD

MAMUJU, Suwarta.com – BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Barat kembali menyerahkan santunan Jaminan kematian sebesar Rp 42 juta kepada Ny. Mariana istri Almarhum Serma Hasan anggota Kodim 1418/Mamuju yang meninggal beberapa hari yang lalu. Penyerahan santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan dilaksanakan dikediaman Almarhum Serma Hasan di jalan Angsa Lingkungan Padang Baka Mamuju. Jumat, (2 /7/21). Danrem 142/Tatag […]

Bagikan

Ditunjang Sarana, Prajurit Korem 142/Tatag Aktif Olahraga

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, “Mens sana in corpore sano” hal ini sejalan dengan aktifitas yang dilakukan oleh Personel Korem 142/Tatag sebelum memulai kegiatan diawali dengan olahraga pagi, ini dilakukan setiap hari guna menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas. Ditunjang dengan fasilitas sarana olahraga yang sangat memadai misalnya, Lapangan bola, […]

Bagikan

ABM Angkat Bicara Soal Dinamika Musorprov KONI

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Pelaksanaan musyawarah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar yang berakhir Deadlock, dimana pencalonan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar sebagai kandidat satu-satunya mendapat protes. Menanggapi hal tersebut, nomor satu Sulbar tersebut mengungkapkan bahwa dinamika pelaksanaan Musorprov Koni Sulawesi Barat, dirinya secara pribadi yang telah ditetapkan oleh Tim Penjaringan Pendaftaran Calon Ketua yang ditangani […]

Bagikan