Hadiri Forum OPD, Safaruddin : Kabupaten Mesti Siapkan Program Penanggulangan Bencana yang Matang

MAMUJU, Deskriptif.co.id — Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfopers) Sulbar, Safaruddin Sanusi DM bersama jajarannya, mengikuti Forum OPD Dinas Kominfo se-Sulbar secara virtual di Tenda Darurat Dinas Kominfopers, Selasa, 16 Maret 2021.

Kepala Dinas Kominfopers, Safaruddin Sanusi DM mengatakan, adanya pandemi covid-19 menjadi salah satu penyebab  program prioritas gubernur dan program prioritas kabupaten tidak bisa tercapai.

“Kita ketahui  2020 adalah tahun dimana kita harus mengalami 50 persen anggaran harus direkofusing dan itu membuat para OPD pusing terutama di Mamuju Utara,” kata Safaruddin.

Kemudian, di awal 2021 Mamuju dan Majene  terdampak bencana alam gempa bumi, namun bukan berarti kabupaten lain tidak terdampak. Dampak pertama yang dialami adalah dijadikan tempat mengungsi, kedua secara kekeluargaan beberapa kabupaten juga mensuplay termasuk bahan pokok dan lainnya.

Dengan banyaknya kendala yang dihadapi saat ini, lanjut Safaruddin, bukan berarti tidak akan berbuat sebab kolaborasi tetap terbangun dan usulan tetap diterima.

“Harus diketahui Pemprov mensupport Pemkab dan yang diharapkan adalah kabupaten yang lebih proaktif dalam membuat program kegiatan yang kolaborasi dengan provinsi, karena tidak semua dibebankan ke provinsi,” ucap Safaruddin

Sementara itu, mengenai kebijakan skala pembangunan daerah, Safaruddin menyampaikan, dalam hal tersebut pertama terkait arah pembangunan dan program prioritas 2022, percepatan pembangunan infrastruktur, pelayanan dasar serta pembangunan  ekonomi untuk kesejahteraan rakyat harus dilakukan seterusnya.

“Stakeholder harus bisa menganggarkan kedepan apa yang dilakukan dalam rangka mengantisipasi bencana, termasuk sosialisasi perlu dianggarakan karena salah satu kelemahan kita kemarin kita tidak anggarkan bencana yang ada,” ujar Safaruddin.

Terkait PPID, Safaruddin juga menyampaikan, pada 2020 PPID mendapat penghargaan dari KIP Pusat dan dari lima kategori, Sulbar masuk dalam kategori menuju informatif.

“PPID baru diadakan di awal 2020, dimana sebelumnya Sulbar satu-satunya provinsi yang belum ada PPID nya. Karena kerja keras teman-teman provinsi dan kabupaten termasuk dinas-dinas maka dibentuk SK Gubernur tentang PPID,” tambahnya.(Adv/hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mengaku Salah, Gubernur Diminta Proses Pencopotan Kadispora Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Provinsi Sulbar, menindaklanjuti tuntutan yang telah disodorkan dalam gerakan aksi 2 Agustus 2021, diantaranya pencopotan, Kadispora Sulbar dan Kabid Kepemudaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Aliansi, Sofliadi. Berdasarkan pertemuan massa aksi yang difasilitasi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi yang juga dihadiri pihak Komisi IV, menghadirkan Kadispora Sulbar […]

Bagikan

11 Pejabat Dirotasi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 pejabat administrator dilingkungannya, Jumat (06/08/2021). Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, M Muflih B Fattah mengatakan, rotasi jabatan di lingkup Kemenag Sulbar memang harus dilakukan karena tuntutan organisasi. Hal itu juga sebagai bentuk penyegaran bagi pejabat ditempat mereka yang […]

Bagikan

Permudah Nelayan, DPK Mateng Ciptakan Aplikasi Penangkap Ikan

Deskriptif.co.id, Mamuju Tengah – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah (Mateng), temukan terobosan baru ciptakan aplikasi pendeteksi ikan guna mempermudah penangkapan ikan bagi nelayan di laut. I Made Kardiana, merupakan sosok yang mempelopori pembuatan aplikasi itu, juga sekaligus Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Mateng, menuturkan, aplikasi itu bernama Pamekang berasal dari bahasa Mamuju […]

Bagikan

Kasipers Korem 142/Tatag : Tugas Kedepan Harus Lebih Profesional

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Kasilog Korem 142/Tatag Kolonel Czi Bambang bertindak selaku Irup pada upacara Bendera mingguan di Korem 142/Tatag. Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan pengecekan personel oleh Kasipers Korem 142/Tatag Kolonel Inf. Masrief di lapangan apel Korem 142/Tatag. Senin (24/05/21) Kasipersonalia Korem 142/Tatag Kolonel Inf Masrief dalam arahannya lebih menekankan kebijakan Pimpinan TNI AD tentang kesejahteraan […]

Bagikan