Hadiri Musrenbang, Bupati : Tidak Ada Program Lewat Jendela

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi menghadiri acara musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) terpadu kecamatan tapalang dan tapalang barat, yang dipusatkan di kecamatan Tapalang, Rabu, 24 maret 2021.

Bupati mamuju, Sitti Sutinah Suhardi menekankan, bahwa proses perencanaan pembangunan harus benar-benar terencana dari usulan masyarakat melalui musyawarah di tingkat desa hingga kecamatan yang disetujui bersama melalui forum diskusi pada musrenbang, dan dokumen perencanaannya telah menggunakan sistem SIPD yang terintegrasi dengan perencanaan pembangunan dari tingkat nasional dan provinsi.

“Jadi tidak ada lagi usulan yang “lewat jendela” tiba-tiba muncul atau tiba-tiba hilang karena semua sudah melalui proses yang transparan dan terencana,” kata Sutinah Suhardi.

Ia berharap dari musrenbang inilah akan melahirkan program yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat utamanya program dalam upaya pemulihan pasca bencana.

Sebelumnya, bupati mamuju juga menyampaikan kepada sejumlah kepala desa, lurah dan camat, bersama para pimpinan OPD yang menghadiri musrenbang yang dilaksanakan di halaman rumah jabatan camat tapalang, bahwa untuk musrenbang kali ini akan lebih terbuka karena akan mendapat dukungan penuh dari anggota DPR RI dan juga DPRD provinsi, yang telah menitipkan pesan untuk menampung semua aspirasi masyarakat yang dapat di intervensi melalui kebijakan pusat dan provinsi.

Terpisah, Kepala Bappepan mamuju, khatma ahmad menjelaskan secara teknis, ia mengapresiasi sinergi yang telah dibangun oleh pemerintah kecamatan tapalang dan tapalang barat bersama semua perangkat desa dan kelurahan maupun kepada Bappepan, mereka dinilai berhasil pada tahap awal perencanaan karena telah mampu memasukkan sepuluh usulan program ke dalam SIPBM, yang mana menurutnya, di kecamatan lain masih ada yang belum dapat meloloskan usulan desanya masing-masing kedalam sistem tersebut.

Untuk proses selanjutnya, Khatma mengatakan, semua usulan yang telah masuk ke sistem akan di rumuskan bersama melalui rapat dalam musrenbang dan keputusan program mana yang akan di lanjutkan ke forum OPD akan ditentukan sendiri oleh semua unsur yang terlibat dalam forum diskusi dalam musrenbang mulai dari para kepala desa, lurah, dan perwakilan masyarakat lainnya.

“Jadi istilahnya di musrenbang inilah waktunya kita “baku angkat kursi” untuk meyakinkan forum, program mana yang harus kita loloskan,” terang khatma.

Mengapresiasi keterbukaan dalam proses perencanaan pembangunan tahun ini, kepala desa pangasaan As’ad mengaku senang dan siap memperjuangkan aspirasi masyarakatnya yang telah dituangkan kedalam sepuluh usulan program.

“Kita berharap dari semua usulan tersebut akan ada program yang bisa direalisasi demi masyarakat desa pangasaan,” tandasnya.(Adv/hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan

BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Menyerahkan Jaminan Kematian Prajurit TNI AD

MAMUJU, Suwarta.com – BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Barat kembali menyerahkan santunan Jaminan kematian sebesar Rp 42 juta kepada Ny. Mariana istri Almarhum Serma Hasan anggota Kodim 1418/Mamuju yang meninggal beberapa hari yang lalu. Penyerahan santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan dilaksanakan dikediaman Almarhum Serma Hasan di jalan Angsa Lingkungan Padang Baka Mamuju. Jumat, (2 /7/21). Danrem 142/Tatag […]

Bagikan

Ditunjang Sarana, Prajurit Korem 142/Tatag Aktif Olahraga

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, “Mens sana in corpore sano” hal ini sejalan dengan aktifitas yang dilakukan oleh Personel Korem 142/Tatag sebelum memulai kegiatan diawali dengan olahraga pagi, ini dilakukan setiap hari guna menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas. Ditunjang dengan fasilitas sarana olahraga yang sangat memadai misalnya, Lapangan bola, […]

Bagikan

ABM Angkat Bicara Soal Dinamika Musorprov KONI

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Pelaksanaan musyawarah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar yang berakhir Deadlock, dimana pencalonan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar sebagai kandidat satu-satunya mendapat protes. Menanggapi hal tersebut, nomor satu Sulbar tersebut mengungkapkan bahwa dinamika pelaksanaan Musorprov Koni Sulawesi Barat, dirinya secara pribadi yang telah ditetapkan oleh Tim Penjaringan Pendaftaran Calon Ketua yang ditangani […]

Bagikan