Polres Majene Lakukan Pemusnahan Terhadap 256 Knalpot Brong

MAJENE, Deskriptif.co.id – Satuan Lalu Lintas Polres Majene hari ini melaksanakan pemusnahan terhadap 256 knalpot yang bersuara bising (brong) di halaman depan Mapolres, Senin (12/4/21).

256 knalpot yang bersuara bising (brong) ini merupakan hasil operasi yang dilakukan selama 4 tahun sejak tahun 2018 lalu.

Pemusnahan tersebut dilakukan dengan cara menggilas menggunakan alat berat yang disaksikan langsung oleh Kapolres Majene, Sekda Majene, yang mewakili Dandim 1401 Majene, Dinas Perhubungan, BPBD dan tamu undangan lainnya.

Kasatlantas Polres Majene Iptu Andi Rady menegaskan penggunaan knalpot itu ada aturannya. Sesuai aturan jika kapasitas 177 cc maka maksimal suara knalpot 90 desibel. Jika lebih dari 175 cc maksimal 93 desibel. Lebih dari itu melanggar, tegasnya.

“Namun perlu dicatat, ini bukan barang bukti ya, pasalnya jika BB pasti ada lanjutan proses hukum. Namun pemusnahan ini dilakukan atas kerelaan para pemilik kenalpot, mereka bersedia mengganti knalpot yang standar demi menjaga ketertiban dalam berlalu lintas, padahal diantara knalpot ada yang harganya berkisar dua jutaan.” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Majene AKBP Irawan Banuaji menyebutkan pemusnahan kenalpot ini dilakukan untuk menciptakan kenyamanan di tengah masyarakat karena kita ketahui bersama suara knalpot brong itu sangat mengganggu.

“Seluruh pengendara harus memiliki dan meningkatkan kesendaran sendiri dalam menekan angka kecelakaan dan yang terpenting dalam berkendara kembalikan semua kepada standar penggunaan kendaraan,” tutur Kapolres.

Di samping itu, pihaknya juga menegaskan selama pelaksanaan operasi keselamatan khususnya di bulan suci ramadhan akan terus dilakukan operasi pembubaran balapan liar di semua titik yang menjadi arena balap dan yang terjaring kendaraannya akan dikandangkan selama bulan suci ramadhan.

“Terkait penggunaan knalpot brong, Orangtua juga harus terus mengingatkan anak-anaknya. Karena pakai knalpot brong itu bukan hal keren. Apalagi, tidak murah memodifikasinya,” tutup Kapolres.(hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Gubernur Pantau Kesiapan Pembangunan Huntap

MAJENE, Deskriptif.co.id – Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar didampingi Bupati Majene, Lukman dan Pj. Sekda Majene, Suyuti memantau kesiapan lahan pembangunan Hunian Tetap (Huntap) masyarakat di Kecamatan Ulumanda dan Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Selasa, 18 Mei 2021 “Kita berharap proses pengerjaan pembangunan hunian itu dapat berjalan dengan lancar dan bisa selesai dengan cepat, sehingga masyarakat […]

Bagikan

Kapolres Majene : Jaga Disiplin dan Loyalitas, Jangan Karena Puasa Kita Melemah

MAJENE, Deskriptif.co.id – Puasa Ramadan mestinya menjadi spirit untuk kita lebih semangat dalam bekerja dikarenakan seluruh perbuatan baik di bulan suci ini manjadi istimewa dan pahalanya akan dilipatgandakan. Kapolres Majene AKBP Irawan Banuaji menekankan agar puasa┬átidak menjadi alasan kita melemah atau tidak semangat bekerja. “Untuk itu, disiplin dan loyalitas harus menjadi kebangaan kita di kondisi […]

Bagikan

Gubernur Resmikan Gedung Hibah Pemprov

MAJENE, Deskriptif.co.id – Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar meresmikan Gedung Hibah Pemprov Sulbar dan Gedung Laboratorium Terpadu Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), Senin 3 Mei 2021. Berlangsung di Kampus Unsulbar tepatnya di Parang-Parang Kabupaten Majene, peresmian dua gedung tersebut ditandai dengan penandantanganan prasasti dan pemotongan pita. Dalam kegiatan itu dirangkaikan buka puasa bersama. Dalam sambutannya, Gubernur […]

Bagikan

Polres Majene Bagi Masker di Depan Masjid

MAJENE, Deskriptif.co.id – Guna menekan penyebaran Covid-19 khususnya di bulan suci ramadhan 1442 H, Kepolisian Resor Majene terus menghimbau para jamaah untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes). Tak hanya itu, untuk memastikan para jamaah betul-betul patuh dengan protokol kesehatan seperti pake masker, jaga jarak dan sebagainya saat melaksanakan ibadah taraweh, para personil Polres Majene standby di […]

Bagikan