Kantor Gubernur Akan Dibangun Dengan Menggunakan Filosofi Mesa Kanne

Kantor Gubernur Akan Dibangun Dengan Menggunakan Filosofi Mesa Kanne

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Rapat lanjutan rekonstruksi pembangunan Kantor Gubernur Sulbar, bersama PT. Waskita Karya berlangsung di rumah Jabatan Gubernur Sulbar, Jum’at, 16 April 2021.

Dipimpin langsung oleh Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, didampingi Sekprov Sulbar Muhammad Idris, pertemuan kali ini membahas mengenai desain dan model bangunan Kantor Gubernur Sulbar.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan, desain dan model bangunan Kantor Gubernur Sulbar sebagai salah satu ikon Sulbar di Tanah Malaqbi, memadukan beberapa budaya yang ada di provinsi ke-33 ini.

“Kita akan membangun berdasarkan desain perpaduan beberapa budaya, antara Mandar, Mamasa dan  Kalumpang. Jadi kita akan bangun Kantor Gubernur Sulbar seperti  filosofinya itu Mesa Kanne, “kata Ali Baal

Ali Baal berharap,   pembangunan kembali Kantor Gubernur Sulbar dapat segera dikerjakan dan tentunya dengan mempertimbangkan segala faktor,  baik dari  kekuatan bangunan, kekerasan tanah, proses pengerjaan bangunan yang benar, hingga ketahanan bangunan  itu sendiri, agar kedepan tidak terjadi lagi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Target penyelesaian pembangunan itu, diperkirakan mencapai dua tahun dua bulan,” bebernya

Manager PT. Waskita Karya Supriyanto mengemukakan, proses pengerjaan Kantor Gubernur Sulbar sudah memasuki tahap desain dan asistensi kedua.

Supriyanto menuturkan, dalam hal menentukan desain, corak dan motif budaya khas Mamasa, Kelumpang dan Mandar, pihaknya akan berkolaborasi dengan Budayawan Lokal.

“Setelah hal itu selesai, selanjutnya masuk pada desain struktur bangunan fisik,”ucapnya

Ia menambahkan, tugas utama PT. Waskita Karya menyelesaikan pengerjaan Kompleks Kantor Gubernur dan Kantor Utama Sekretariat Daerah (Setda) Sulbar.

Kepala Dinas PUPR Sulbar, Muh. Aksan mengatakan, sebagaimana harapan dari Gubernur Sulbar, kiranya Kantor Gubernur Sulbar dapat dibangun berdasarkan budaya yang ada di Sulbar, sehingga ketika orang berdatangan di kantor tersebut dapat melihat langsung aneka budaya yang ada di Tanah Malaqbi.

Rapat tersebut turut pula dihadiri Kepala BPSDM Sulbar Yakub F. Solon, Para  Budayawan dan Tokoh Adat Mamasa, serta undangan lainnya.(Adv/hn)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *