Polda Ungkap Pencurian Modus Baru di Mesin ATM

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) melalui team jantanras kembali mengungkap aksi kejahatan dengan modus baru yaitu pencurian uang di mesin ATM, Kamis (15/4/21)

Terduga pelaku sendiri diketahui berinisial JM yang merupakan salah satu pegawai PT SSI yang bertugas melakukan pengisian mesin ATM.

Ia mengaku nekat melancarkan aksinya karena tidak memiliki uang. Aksinya sendiri sering dilakukan di dua lokasi berbeda yaitu di ATM yang berada halaman kantor Bupati dan kantor Polres Pasangkayu dengan meraib uang sebesar 354 juta berdasarkan hasil audit PT. SSI Mamuju.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur Reserse kriminal umum (Krimum) Polda Sulbar Kombes Pol Nyoman Artana berdasarkan hasil penyidikan.

Masih kata Dir krimum, modus yang dilakukan pelaku dengan cara memperbaiki ATM yang sebelumnya telah ia modifikasi, dimana ia memasang mesin tidak sempurna sehingga uang dalam ATM tidak bisa ditarik.

Jadi saat dilaporkan ke pihak Bank, iapun (pelaku) yang ditugaskan memperbaiki dan mengisi mesin ATM dapat dengan leluasa melancarkan aksinya mengambil uang sedikit demi sedikit di mesin ATM kemudian ditutup kembali.

“Terduga pelaku bahkan pernah sekali melakukan aksinya dengan langsung meraib uang sebanyak Rp. 59.000.000 (lima puluh sembilan juta rupiah),” jelas Dir krimum.

Sementara itu, uang hasil kejahatan di pergunakan oleh pelaku untuk membeli 1 unit truk diesel dan selebihnya digunakan untuk keperluan kebutuhan pribadinya.

Atas perbuatanya pelaku harus mempertanggung jawabkan perbuatanya dengan sangkaan pidana pencurian dan penggelapan dengan ancaman pidana 5 tahun.(hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mengaku Salah, Gubernur Diminta Proses Pencopotan Kadispora Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Provinsi Sulbar, menindaklanjuti tuntutan yang telah disodorkan dalam gerakan aksi 2 Agustus 2021, diantaranya pencopotan, Kadispora Sulbar dan Kabid Kepemudaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Aliansi, Sofliadi. Berdasarkan pertemuan massa aksi yang difasilitasi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi yang juga dihadiri pihak Komisi IV, menghadirkan Kadispora Sulbar […]

Bagikan

11 Pejabat Dirotasi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 pejabat administrator dilingkungannya, Jumat (06/08/2021). Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, M Muflih B Fattah mengatakan, rotasi jabatan di lingkup Kemenag Sulbar memang harus dilakukan karena tuntutan organisasi. Hal itu juga sebagai bentuk penyegaran bagi pejabat ditempat mereka yang […]

Bagikan

Permudah Nelayan, DPK Mateng Ciptakan Aplikasi Penangkap Ikan

Deskriptif.co.id, Mamuju Tengah – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah (Mateng), temukan terobosan baru ciptakan aplikasi pendeteksi ikan guna mempermudah penangkapan ikan bagi nelayan di laut. I Made Kardiana, merupakan sosok yang mempelopori pembuatan aplikasi itu, juga sekaligus Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Mateng, menuturkan, aplikasi itu bernama Pamekang berasal dari bahasa Mamuju […]

Bagikan

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan