Kemenag Bolehkan Shalat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan

Kemenag Bolehkan Shalat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan

MAMUJU, Suwarta.com – Kementerian Agama Sulawesi Barat melaksanakan pertemuan dengan sejumlah instansi terkait dalam pelaksanaan Idul Fitri 1442 H, Kamis 6 Mei.

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI nomor SE 04 tahun 2021 bahwa Shalat Idul Fitri 1442 H boleh dilaksanakan di Masjid maupun di lapangan dengan memperhatikan Prokes dengan ketat.

Kepala Kantor Kemenag Sulbar H. M Muflih B Fattah mengatakan pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 H dibolehkan di lapangan maupun di Masjid.

“Pelaksanaannya boleh dilakukan di lapangan, namun kita harapkan prokes berjalan, itu yang ingin kita sampaikan supaya betul-betul maksimal, berkolaborasi antara kementerian agama, TNI Polri dan Dinas Kesehatan, supaya jangan lagi ada klaster baru di tempat tempat ibadah. Jadi kita berupaya keras supaya covid19 di Sulbar semakin menurun dan hilang,” kata Muflih.

Lanjutnya, pihaknya juga meminta kepada masyarakat maupun pengurus Masjid untuk senantiasa menjalankan anjuran pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Kita lihat tadi sudah beberapa opsi di lapangan bisa saja ditempati, tetapi itu, prokes berjalan, phisycal distancing kemudian cuci tangan, kemudian membawa sajadah masing-masing, kemudian khutbah jangan terlalu panjang, maksimal 15 menit dan begitu juga bacaaan imam pada shalat idul Fitri tersebut,” tambahnya.

Muflih juga memastikan bahwa sarana dan prasarana Masjid daerah yang terdampak gempa tak luput juga dari perhatian.

Sarana untuk yang terdampak gempa tentu juga akan melaksanakan shalat idul Fitri sesuai dengan kondisi. Ada masjid darurat silakan ditempati yang penting intinya adalah prokesĀ  berjalan, surat edaran menteri agama harus ditaati, himbauan pemerintah provinsi harus ditaati,” tutupnya.(hn)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *