Kemenag Bolehkan Shalat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan

MAMUJU, Suwarta.com – Kementerian Agama Sulawesi Barat melaksanakan pertemuan dengan sejumlah instansi terkait dalam pelaksanaan Idul Fitri 1442 H, Kamis 6 Mei.

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI nomor SE 04 tahun 2021 bahwa Shalat Idul Fitri 1442 H boleh dilaksanakan di Masjid maupun di lapangan dengan memperhatikan Prokes dengan ketat.

Kepala Kantor Kemenag Sulbar H. M Muflih B Fattah mengatakan pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 H dibolehkan di lapangan maupun di Masjid.

“Pelaksanaannya boleh dilakukan di lapangan, namun kita harapkan prokes berjalan, itu yang ingin kita sampaikan supaya betul-betul maksimal, berkolaborasi antara kementerian agama, TNI Polri dan Dinas Kesehatan, supaya jangan lagi ada klaster baru di tempat tempat ibadah. Jadi kita berupaya keras supaya covid19 di Sulbar semakin menurun dan hilang,” kata Muflih.

Lanjutnya, pihaknya juga meminta kepada masyarakat maupun pengurus Masjid untuk senantiasa menjalankan anjuran pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Kita lihat tadi sudah beberapa opsi di lapangan bisa saja ditempati, tetapi itu, prokes berjalan, phisycal distancing kemudian cuci tangan, kemudian membawa sajadah masing-masing, kemudian khutbah jangan terlalu panjang, maksimal 15 menit dan begitu juga bacaaan imam pada shalat idul Fitri tersebut,” tambahnya.

Muflih juga memastikan bahwa sarana dan prasarana Masjid daerah yang terdampak gempa tak luput juga dari perhatian.

Sarana untuk yang terdampak gempa tentu juga akan melaksanakan shalat idul Fitri sesuai dengan kondisi. Ada masjid darurat silakan ditempati yang penting intinya adalah prokes  berjalan, surat edaran menteri agama harus ditaati, himbauan pemerintah provinsi harus ditaati,” tutupnya.(hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan

BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Menyerahkan Jaminan Kematian Prajurit TNI AD

MAMUJU, Suwarta.com – BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Barat kembali menyerahkan santunan Jaminan kematian sebesar Rp 42 juta kepada Ny. Mariana istri Almarhum Serma Hasan anggota Kodim 1418/Mamuju yang meninggal beberapa hari yang lalu. Penyerahan santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan dilaksanakan dikediaman Almarhum Serma Hasan di jalan Angsa Lingkungan Padang Baka Mamuju. Jumat, (2 /7/21). Danrem 142/Tatag […]

Bagikan

Ditunjang Sarana, Prajurit Korem 142/Tatag Aktif Olahraga

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, “Mens sana in corpore sano” hal ini sejalan dengan aktifitas yang dilakukan oleh Personel Korem 142/Tatag sebelum memulai kegiatan diawali dengan olahraga pagi, ini dilakukan setiap hari guna menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas. Ditunjang dengan fasilitas sarana olahraga yang sangat memadai misalnya, Lapangan bola, […]

Bagikan

ABM Angkat Bicara Soal Dinamika Musorprov KONI

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Pelaksanaan musyawarah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar yang berakhir Deadlock, dimana pencalonan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar sebagai kandidat satu-satunya mendapat protes. Menanggapi hal tersebut, nomor satu Sulbar tersebut mengungkapkan bahwa dinamika pelaksanaan Musorprov Koni Sulawesi Barat, dirinya secara pribadi yang telah ditetapkan oleh Tim Penjaringan Pendaftaran Calon Ketua yang ditangani […]

Bagikan