Kakanwil: Kita Wajib Menjaga Jiwa dan Shalat Id di Rumah Saja

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Sebagai upaya memaksimalkan Sosialisasi SE Menag RI no. 1 dan 4 tahun 2021, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Barat H. M. Muflih B. Fattah melakukan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam penanganan covid19 dan menjelang idul fitri beberapa hari yang lalu. Kamis, 6/5/2021

Dalam Rapat koordinasi lintas sektoral tersebut,  Kakanwil Kemenag Sulbar H. M. Muflih  mengajak semua yang peserta yang hadir diantaranya Gubernur Sulbar yang diwakili Kepala BNPB Sulbar, Kadis Kesehatan Sulbar, Kaban Kesbangpol, Kaban Kominfo, Dirbinmas Polda, Danrem 142 Tatag, para pejabat III  dan IV pada kanwil kemenag Sulbar,  para kakankemenag dan kasi/penyelenggara Kabupaten Se Sulawesi Barat.

“Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menebar kebaikan dan keteladanan khususnya dalam  mensosialisasikan  SE Menag RI No. 1 dan 4 serta  no.7 tahun 2021 kepada masyarakat, baik di bulan ramadhan maupun pasca idul fitri, serta menindaklanjuti hasil rapat koordinasi tanggal 3 mei 2021 yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama RI dimana giat ini dihadiri oleh Gubernur, Bupati, Forkopimda se-Indonesia, dan Kakanwil Kemenag se indonesia melalui zoom virtual.” urai Kakanwil dalam prolognya saat dihubungi oleh team humas kanwil kemenag Sulbar.

Dalam pertemuan tersebut, ia menyampaikan bahwa protokol kesehatan menjadi hal yang wajib diperhatikan, karena kita semua masih dalam perjuangan melepaskan diri dari cengkraman covid19. Maka SE Menag RI No. 1 dan 4 tahun 2021  sangat tepat di berlakukan sehingga provinsi Sulawesi Barat tetap bisa bertahan sebagai Wilayah Zona Hijau perkembangan covid19.

“Perlu juga difahami dan disebarluaskan isi SE Menag RI no. 7 tahun 2021 bahwa menjaga jiwa itu wajib dari pada melaksanakan shalat id  berjamaah di masjid atau di lapangan hukumnya sunnat, sehingga diharapkan kepada seluruh masyarakat, terkhusus jajaran keluarga besar kanwil kemenag Sulbar di manapun berada untuk menjadi garda terdepan mengawal kebijakan ini, apalagi Kanwil Kemenag Sulbar telah mengeluarkan tata cara shalat idhul fitri.” tegas mantan kabid PHU Kanwil kemenag Sulbar ini.

Terkait dengan keinginan masyarakat dan pengurus masjid untuk melaksanakan shalat id di lapangan maupun di masjid harus membangun koordinasi dan mendapatkan izin dari  pihak terkait, yaitu mendapat Rekomendasi/persetujuan dari pihak satuan petugas covid kabupaten, tentu dengan melihat perkembangannya dan wajib melakukan prokes 5 M.

“Namun jika mau aman dan nyaman shalat idul fitri bisa dilakukan di rumah saja sebagaimana tahun lalu, karena claster pandemi covid19 belum berakhir namun semakin bertambah, sehingga kita perlu bersungguh-sungguh untuk memutusnya”. terang kakanwil yang juga sebagai sekretaris umum MUI Sulbar.

Secara terpisah, Kepala BNPB Sulbar, Darno Majid yang juga merupakan Ketua Badan Masjid Baitul Anwar Pemprov Sulbar sangat mengapresiasi langkah dan upaya yang dilakukan oleh kakanwil kemenag Sulbar.

“kalau perlu semua hasil rumusan rapat lintas sektoral ini kita sampaikan ke gubernur dan menjadi rekomendasi dalam mengatasi covid di masa pasca ramadhan, idul fitri ( halal  bi halal ) dan  mudik.” Ujarnya

Senada juga disampaikan dirbinmas polda sulbar, Kombes Pol. Andareas, “pertemuan ini sangat penting agar masyarakat merasa aman dan nyaman, tertib dalam pelaksanaan, kalau perlu kita melakukan preventif dan penegakan hukum kalau diperlukan”.

Sebagai penutup, Kakanwil kemenag Sulbar menyampaikan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih atas  dukungan dari semua pihak.

“apalagi kita telah melakukan rakor lintas sektoral, dan dari rakor tersebut segera di laporkan kepada bapak Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Coumas. dan kepada seluruh keluarga besar kanwil kemenag Sulbar  ASN/Pramubakti di manapun berada, untuk tidak mudik dan shalat idul fitri di rumah saja ” tutup H. M. Muflih yang merupakan cucu dari K. H. Daeng salah seorang ulama dari tanah mandar.(hn/Lan)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mengaku Salah, Gubernur Diminta Proses Pencopotan Kadispora Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Provinsi Sulbar, menindaklanjuti tuntutan yang telah disodorkan dalam gerakan aksi 2 Agustus 2021, diantaranya pencopotan, Kadispora Sulbar dan Kabid Kepemudaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Aliansi, Sofliadi. Berdasarkan pertemuan massa aksi yang difasilitasi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi yang juga dihadiri pihak Komisi IV, menghadirkan Kadispora Sulbar […]

Bagikan

11 Pejabat Dirotasi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 pejabat administrator dilingkungannya, Jumat (06/08/2021). Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, M Muflih B Fattah mengatakan, rotasi jabatan di lingkup Kemenag Sulbar memang harus dilakukan karena tuntutan organisasi. Hal itu juga sebagai bentuk penyegaran bagi pejabat ditempat mereka yang […]

Bagikan

Permudah Nelayan, DPK Mateng Ciptakan Aplikasi Penangkap Ikan

Deskriptif.co.id, Mamuju Tengah – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah (Mateng), temukan terobosan baru ciptakan aplikasi pendeteksi ikan guna mempermudah penangkapan ikan bagi nelayan di laut. I Made Kardiana, merupakan sosok yang mempelopori pembuatan aplikasi itu, juga sekaligus Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Mateng, menuturkan, aplikasi itu bernama Pamekang berasal dari bahasa Mamuju […]

Bagikan

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan