Permudah Nelayan, DPK Mateng Ciptakan Aplikasi Penangkap Ikan

Deskriptif.co.id, Mamuju Tengah – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah (Mateng), temukan terobosan baru ciptakan aplikasi pendeteksi ikan guna mempermudah penangkapan ikan bagi nelayan di laut.

I Made Kardiana, merupakan sosok yang mempelopori pembuatan aplikasi itu, juga sekaligus Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Mateng, menuturkan, aplikasi itu bernama Pamekang berasal dari bahasa Mamuju yakni memancing.

Kemudian ia menyampaikan alasan pembuatan aplikasi itu, berawal dari kondisi nelayan yang memperihatinkan kesulitannya mencari ikan, biaya yang dikeluarkan cukup tinggi dalam mencari ikan menggunakan kapal, seperti bahan bakar minyak, makan untuk beberapa hari dan pengeluaran lainnya. Kemudian juga menghabiskan waktu beberapa hari ditengah laut untuk mencari ikan dan keselamatan turut diperhitungkan.

“Yah untung kalau pulangnya dapat banyak, kalau sedikit kan kasian rugi,” Ungkap Made, saat ditemeui di kantornya, Selasa (03/08/2021).

Makanya ia berinisiatif membuat sebuah aplikasi untuk mempermudah bagi nelayan dalam menangkap ikan. Jadi tidak lagi pada tahap mencari ikan karena dengan aplikasi itu mampu mendeteksi keberadaan ikan, sehingga nelayan dengan mudah menangkap ikan tersebut. Untuk apliaksi itu tidak diperuntukkan di air tawar, melainka di laut karena luas wilayahnya yang sulit dijangkau.

Aplikasi tersbeut, sudah diuji coba langsung oleh nelayan, dan ditanggapi baik karena dianggap mampu mempermudah penangkapan ikannya, namun untuk evaluasinya masih perlu pendampingan dalam penggunaan aplikasi.

Untuk teknisnya, para pengguna atau nelayan cukup mendownload aplikasi itu di https://pamekang.my.id kemudian memasukkan lokasi laut yang dituju, setelah itu mengikuti tahap-tahapnya kemudian akan menemukan hasil pencariannya.

Keunggulan aplikasi ini selain mendeteksi keberadaan ikan. Juga sudah terintegrasi dengan Badan Meteorologi Geo Fisika (BMKG), dimana mampu menginformasikan kondisi cuaca sehingga nelayan mengetahui kondisi cuaca untuk melanjutkan penangkapan ikan dan demi keamanannya juga.

Saat ini aplikasi Pamekang dalam tahap review oleh google kemungkinan besar 1 September 2021 mendatang sudah tersedia dan bisa didownload di Playstore.

I Made, kembali menambahkan, proses pembuatan aplikasi tersebut nol APBD atau belum ada campur tangan Pemda, namun setelah ini akan dikoordinasikan dan launching secara resmi.

Ia berharap, adanya aplikasi itu mampu meringankan beban nelayan dalam proses penangkapan ikan di laut sehingga menuju masyarakat yang sejahtera secara ekonomi. (ril)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mengaku Salah, Gubernur Diminta Proses Pencopotan Kadispora Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Provinsi Sulbar, menindaklanjuti tuntutan yang telah disodorkan dalam gerakan aksi 2 Agustus 2021, diantaranya pencopotan, Kadispora Sulbar dan Kabid Kepemudaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Aliansi, Sofliadi. Berdasarkan pertemuan massa aksi yang difasilitasi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi yang juga dihadiri pihak Komisi IV, menghadirkan Kadispora Sulbar […]

Bagikan

11 Pejabat Dirotasi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 pejabat administrator dilingkungannya, Jumat (06/08/2021). Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, M Muflih B Fattah mengatakan, rotasi jabatan di lingkup Kemenag Sulbar memang harus dilakukan karena tuntutan organisasi. Hal itu juga sebagai bentuk penyegaran bagi pejabat ditempat mereka yang […]

Bagikan

Wujudkan Saber Pungli, Perlu Ada Pemahaman Kepada Semua Komponen Masyarakat

MATENG, Deskriptif.co.id – Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeny Anwar, membuka Sosialisasi Terkait Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), Kamis, 3 Juni 2021. Berlangsung di Aula Kantor Bupati Mamuju Tengah (Mateng), kegiatan tersebut digelar dalam rangka meningkatkan efesiensi dan transparansi bagi penyelenggaraan pemerintahan daerah. Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeny Anwar menekankan, demi mewujudkan Saber […]

Bagikan

Bupati Mateng Apresiasi Kapolda Dalam Pembangunan Mapolres

MATENG, Deskriptif.co.id – Setelah penantian panjang, Akhirnya Masyarakat Mamuju Tengah (Mateng) akan memiliki Kantor Polres permanen, setelah Kapolda Sulbar Irjen Pol Eko Budi Sampurno mengumumkan pembangunan Mapolres akan dimulai pada hari ini, Kamis (03/06/21). Pembangunan gedung Kantor Mapolres Mateng ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kapolda Sulbar, Bupati Mamuju Tengah Aras Tammauni dan Kapolres Mateng […]

Bagikan