Ketika Siswa SMAN 1 Majene Berkunjung ke Museum Mandar

Ketika Siswa SMAN 1 Majene Berkunjung ke Museum Mandar

Majene, Deskriptif.co.id – Bagi siswa-siswi yang berkunjung ke museum akan menambah wawasan, pengetahuan, dan informasi baru yang sebelumnya mungkin belum diketahui.

Para pengunjung, dapat melihat begitu banyak jenis koleksi di museum, mulai dari sejarah, arkeologi, seni, dan banyak lainnya, sehingga semua menawarkan pengetahuan yang berbeda namun menarik untuk diketahui.

Dengan mengunjungi museum, para pengunjung atau siswa-siswi dapat melihat secara lebih nyata mengenai pengetahuan yang diajarkan di sekolah karena museum semuanya diperlihatkan secara visual sehingga mendapat pemahaman dan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan.

“Misalnya ya, di sekolah anak-anak belajar mengenai seni atau pakaian adat, sejumlah fosil maupun koleksi. Dengan berkunjung ke museum tentu dapat melihat secara bentuk asli sebuah fosil atau karya seni lainnya,” urai Suriawan Pemandu Museum Mandar dari Disbudpar Majene, setelah menerima kunjungan study sejarah dan budaya lokal siswa-siswi bersama Supriadi guru pendamping SMAN 1 Majene, Sabtu (19/03/2022).

Suriawan berujar, anak-anak zaman sekarang hidup dengan kondisi yang jauh berbeda dari masa lampau. Ketika di sekolah hanya mempelajari sejarah yang mungkin sulit untuk memahami kondisi kehidupan di masa lalu.

“Dengan mengunjungi museum dapat membantu anak-anak memahami dan turut merasakan nuansa kehidupan pada zaman dahulu. Seperti melihat fosil, mata uang dahulu, model pakaian zaman dahulu, dan lain sebagainya,” urainya.

Dijelaskan, berbagai hal berbeda yang dilihat para siswa di museum akan memancing rasa ingin tahu untuk mengetahui lebih dalam serta memancing untuk mengembangkan imajinasi tentang hal-hal koleksi yang ada di museum.

“Mengunjungi museum, tentu dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan karena melihat secara nyata bukti perjuangan para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, sehingga generasi muda kita akan selalu mengingat sejarah dan memiliki rasa cinta yang besar pada bangsanya,” paparnya. (rz)

 

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.