KAL Manakarra Kawal Passandeq di Etape Tiga dan Empat Festival Sandeq

KAL Manakarra Kawal Passandeq di Etape Tiga dan Empat Festival Sandeq

Deskriptif.co.id, Mamuju – Festival Sandeq 2022 sudah memasuki etape keempat dari lima etape yang diperlombakan. Etape keempat ini merupakan etape terakhir di perairan Sulawesi Barat, satu etape lainnya akan berlangsung di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pada etape ini salah satu armada milik Pangkalan TNI AL (Lanal) Mamuju, yakni Kapal Angkatan Laut (KAL) Makanakarra dengan membawa 15 personil bertugas untuk mengamankan dan mengawal para Passandeq (awak perahu sandeq) dari Pantai Deking Majene ke Pantai Manakarra Mamuju, Sabtu (03/09/22).

“KAL Manakarra yang akan mengamankan dan mengawal para Passandeq mulai dari Perairan Majene, Mamuju hingga ke Pulau Ambo,” kata Danlanal Mamuju, Letkol Marinir A Temmy Irawan.

Sedangkan, Komandan KAL Manakarra, Kapten Laut (P) Untung Uripto mengatakan, mereka sudah mengawal Passandeq mulai dari etape ketiga, yakni Pantai Palipi ke Pantai Deking. Pada etape keempat ini, KAL Manakarra masih mengawal Passandeq dari Pantai Deking hingga finish di Pantai Manakarra.

“Harapannya dengan dikawal KAL Manakarra para peserta Festival Sandeq yang berjumlah 35 perahu ini aman dalam perjalanan dan selamat hingga finish di Mamuju,” ucap Untung.

Untung Uripto turut memberikan pendapatnya mengenai jalannya lomba di etape keempat ini, menurutnya, kondisi arah angin sangat mempengaruhi jalannya lomba. Karena, sejak awal lomba sejumlah perahu Sandeq terlihat memimpin jauh, namun setelah perubahan arah angin mereka mulai tersusul.

“Memang disini dibutuhkan keahlian dari Passandeq, bagaimana caranya agar layar perahu sandeq ini bisa selalu mendapat angin,” tutup Untung. (ril)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.