Menpora Apresiasi Penuh Festival Sandeq Indonesia Mendukung IKN

Menpora Apresiasi Penuh Festival Sandeq Indonesia Mendukung IKN

Deskriptif.co.id, Balikpapan – Festival Sandeq 2022 Indonesia Mendukung IKN mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Acara puncak festival perahu cadik tercepat di dunia itu berlangsung di Pantai Manggar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (09/09/22).

Festival Sandeq diinisiasi oleh Pemprov Sulawesi Barat tanpa menggunakan anggaran APBD ini bertujuan untuk mendukung percepatan pembanguan IKN. Festival ini dimulai 31 Agustus hingga 9 September 2022 dari Pantai Tanjung Silopo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat sampai Pantai Manggar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sebanyak 35 perahu sandeq ambil bagian dalam festival ini, terdiri dari 28 perahu sandeq lomba dan tujuh perahu sandeq klasik. Mereka mengarungi lautan dengan jarak tempuh mencapai 552 kilometer atau 321 mil laut dari Sulawesi Barat menuju Kalimantan Timur.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali mengatakan, Festival Sandeq layak menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia. Menurutnya, Sulawesi Barat sebagai provinsi kecil mampu melaksanakan kegiatan yang inovatif di tengah kondisi anggaran terbatas.

“Pelaksanaan Festival Sandeq dipercepat atas tantangan dari saya dan itu disanggupi hingga terbukti 7 September berlabuh di Pantai Manggar,” kata Zainuddin saat hadir di puncak acara Festival Sandeq, Jumat (09/09/22).

“Tanpa menggunakan APBD, ini suatu contoh inovasi daerah, tidak ada halangan untuk melakukan sebuah kegiatan. Ini inspirasi untuk bisa mandiri,” tambahnya.

Zainuddin menambahkan, masyarakat Sulawesi Barat memiliki nyali yang besar sesuai dengan filosofi Sandeq. Menurutnya, lomba perahu sandeq merupakan sport tourism yang menuntut pesertanya memiliki ketahanan fisik yang kuat untuk mengarungi lautan.

“Karena punya kekuatan fisik dan nyali maka perjalanan mengarungi laut mereka tiba di pantai Manggar ini. Tentu kami mengapresiasi Pemda yang mulai menggairahkan kehidupan sport tourism,” ujar Zainuddin.

Zainuddin menegaskan, melalui Festival Sandeq ini dapat memperkuat komitmen mendukung pembangunan IKN. Presiden Joko Widodo membangun IKN dengan tujuan untuk pemerataan pembangunan di negeri ini.

“Agar tidak ada lagi jawasentris. IKN di tempatkan di Kaltim yang berada di tengah sehingga terlayani semua,” ungkapnya. (ru)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.