Kunjungan ke Lanal Mamuju, Danlantamal VI Makassar Minta Prajurit Berikan Manfaat kepada Lingkungannya

Kunjungan ke Lanal Mamuju, Danlantamal VI Makassar Minta Prajurit Berikan Manfaat kepada Lingkungannya

Deskriptif.co.id, Mamuju – Komandan Lantamal VI Makassar Brigjen TNI Marinir Amir Kasman melakukan kunjungan ke Lanal Mamuju, Senin (21/11/22). Kunjungan itu dimaksudkan untuk melihat kesiapan prajurit TNI AL baik kondisi maupun sarana dan prasarana pendukung dalam bertugas.

“Saya sengaja menyempatkan waktu melakukan kunjungan kerja ke Lanal Mamuju. Lanal Mamuju merupakan salah satu satuan yang berada di Lantamal VI Makassar,” kata Amir kepada wartawan, Senin (21/11/22).

Dalam kunjungannya itu, Amir berharap prajurit TNI AL di Lanal Mamuju dapat memberikan manfaat bagi lingkungannya. Baik manfaat untuk tugas keamanan laut, penegakan hukum di laut dan kepada masyarakat.

“Dimana pun anda (prajurit TNI AL) bertugas berikanlah dampak kepada lingkungan,” tegas Amir.

Amir juga meminta prajurit Lanal Mamuju untuk bersiap diri menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang tepat berada di depan mereka. Nantinya, Lanal Mamuju akan memiliki peran penting dalam keamanan dan penegakan hukum di laut pada jalur ALKI II untuk sampai ke IKN.

“Lanal Mamuju langsung berhadapan dengan IKN sehingga tentunya memiliki posisi strategis, khususnya di ALKI II yang ramai dilalui pelayaran,” jelas Amir.

Selain itu, Amir juga meminta prajurit Lanal Mamuju untuk selalu membantu pemerintah setempat dan masyarakat jika terjadi bencana alam. Karena, Sulawesi Barat merupakan daerah yang tingkat kerawanan bencana tergolong sangat tinggi.

“Saya sudah perintahkan prajurit TNI AL di Lanal Mamuju untuk selalu bersiaga untuk memonitor perkembangan dan sewaktu-waktu siap untuk memberikan bantuan apa bila itu terjadi bencana,” tutup Amir.

Amir juga meminta Lanal Mamuju membangun posko pengaduan bencana yang sewaktu-waktu bisa didatangi masyarakat yang membutuhkan bantuan. Musim penghujan saat ini merupakan waktu yang sangat rentan terjadi bencana alam, baik banjir maupun tanah longsor.

“Kemari di Sulsel terjadi banjir bandang, ternyata disini juga. Prajurit TNI AL harus turun membantu dengan tenaga dan sarana yang dimiliki,” tegas Amir.

Amir juga meminta prajurit TNI AL di Lanal Mamuju untuk bersiap menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berada tepat di seberang Selat Makassar. Apa lagi Lanal Mamuju memiliki garis pantai sepanjang 750 kilometer di Selat Makassar yang tepat berada di jalur Alki II.

“Lanal Mamuju langsung berhadapan dengan IKN sehingga tentunya memiliki posisi strategis, khususnya dalam masalah keamanan di laut kemudian penegakan hukum di laut,” pinta Amir. (ru)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.