9 Nama Bakal Calon DPD RI Sudah Penuhi Syarat, Termasuk Kalma Katta

9 Nama Bakal Calon DPD RI Sudah Penuhi Syarat, Termasuk Kalma Katta

Deskriptif.co.id, Mamuju – Sembilan calon anggota DPD RI dapil Sulbar sudah memenuhi syarat maju. Kesembilan nama diantaranya wajah lama dan ada yang sebelumnya di DPRD Sulbar pindah ke DPD RI Sulbar seperti Hatta Kainang.

Lolosnya sembilan nama ini berdasarkan pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual syarat dukungan minimal pemilih tahap kesatu oleh KPU Sulbar, Rabu (1/3/2023). Sembilan bakal calon dinyatakan memenuhi syarat dari 26 bakal calon diverifikasi faktual oleh jajaran KPU Sulbar.

Kesembilan bakal calon dinyatakan memenuhi syarat minimal dukungan, yakni Almalik Pababari, Andi Prayoga Putra Singkarru, Bastian Basri, Hamzah Sunuba, Kalma Katta, Jufri Mahmud, Leonar Bongga, Muhammad Hatta Kainang, dan Semuel Linggi Topayung. Bakal calon DPD dinyatakan belum memenuhi syarat akan melakukan perbaikan mulai tanggal 2 sampai 11 Maret 2023.

“Sembilan sudah memenuhi syarat setelah dilakukan verifikasi faktual di semua kabupaten. 17 belum memenuhi syarat akan melakukan perbaikan melalui aplikasi sistem informasi pencalonan atau silon,” kata Ketua KPU Sulbar, Rustang usai pleno terbuka di kantornya Jl Soekarni Hatta, Kelurahan Karema, Mamuju, Rabu (1/3/2023).

Bakal calon belum memenuhi syarat harus mencari dukungan baru untuk diinput ke silon, tidak boleh lagi menggunakan data yang dimasukkan sebelumnya.

“Satu kali lagi perbaikan jika tidak memenuhi minimal 1.000 dukungan minimal tersebar di tiga kabupaten maka bakal calonnya dinyatakan gugur,” ujarnya.

Sedangkan, Kalma Katta mengatakan, sebagai warga negara pastnyai secara mental sudah siap menjadi wakil rakyat, apalagi dalam momentum Pileg 2024 tahun depan, “Saya sudah siap menghadapi Pemilu 2024, mohon doa dan dukungan masyarakat Majene,” ujarnya.

Menurutnya,  ia maju sebagai calon anggota DPD-RI pemilu tahun 2024 mendatang, semata-mata untuk pengabdian pada masyarakat Sulawesi Barat,”Untuk jumlah dukungan yang diserahkan sebanyak 1.146,” ungkapnya. (ril)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.