Dinkes Mamuju Tekankan Pentingnya Balita ke Posyandu untuk Deteksi Penyakit Sejak Dini

Dinkes Mamuju Tekankan Pentingnya Balita ke Posyandu untuk Deteksi Penyakit Sejak Dini

Deskriptif.co.id, Mamuju – Kurangnya animo masyarakat ke posyandu membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Mamuju harus menempuh sejumlah upaya untuk menyadarkan masyarakat.  Salah satunya dengan mengajak sejumlah pemangku kepentingan untuk membahas alternatif sosialisasi.

Kepala Dinkes Mamuju, dr. Acong mengatakan, posyandu merupakan pos pelayanan yang dapat mendeteksi dini penyakit yang diderita balita.  Baik itu penyakit dalam, cacingan, hingga kekurangan gizi yang menjadi biang terjadinya stunting.

Olehnya itu, Acong menjelaskan membawa abalita ke posyandu untuk memastikan balita sehat atau tidak perlu diperiksa di posyandu.

“Kalau ditimbang di posyandu dua sampai tiga kali tapi berat badan tidak naik atau justru turun, maka tentu ada yang salah dengan tubuhnya. Maka harus segera berkonsultasi ke tenaga kesehatan,” ujar dr. Acong, Jumat (31/03/23).

Sehingga, kata dia, diharapkan para peserta kegiatan harus bisa melakukan pendekatan humanis dan edukasi yang efektif agar masyarakat mau ke posyandu.

Sebab, sambung dr. Acong akan sulit meminimalisasi kasus yang kerap diderita balita jika tak diperiksa di posyandu.

“Dan bukan hanya yang punya balita saja, tetapi ibu yang sedang hamil pun harus diedukasi supaya mau ke posyandu,” tandasnya. (adv)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.