Antisipasi Penyebaran DBD, Dinkes Mamuju Lakukan Foging

Antisipasi Penyebaran DBD, Dinkes Mamuju Lakukan Foging

Deskriptif.co.id, Mamuju – Guna menekan penyebaran kasus DBD, Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju kelakukan foging di pemukiman warga di Desa Pokkang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Rabu (10/5/23).

Petugas kesehatan menyisir seluruh bagian rumah-rumah warga mulai dari halaman depan, ruang tamu sampai dapur, agar tempat nyamuk pembawah penyakit DBD tidak lagi bersarang.

Kepala Desa Pokkang, Asdir mengatakan foging tersebut dilakukan guna mengatisipasi warga tidak terjangkit DBD khususnya anak anak yang saat ini marak terjadi.

“Ini permintaan kami bekerja sama dengan Dinkes melalui Puskesmas Beru-beru,” kata Hasdir.

Hasdir merharap warga dapat menerapakan Pola hidup sehahat dilingkungannya masing masih dengan cara selalu membuang genangan air, menutup bak terbuka dan menimbung kaleng bekas yang semuanya bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti.

“Fogging adalah langkah terakhir dalam pencegahan DBD, yang paling utama adalah warga harus rajin membersihkan lingkungan sekitar rumah masing masing agar tidak ada genangan air,” ucapnya.

Hasdir juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas kesehatan Kabupaten Mamuju atas respon cepat untuk melakukan fogging di rumah rumah warga.

Sedangkan, Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Pemkab Mamuju, Alamsyah menjelaskan, fogging dilakukan untuk membunuh induk nyamuk DBD. Namun, penyemprotannya tidak boleh sembarangan.

“Nyamuk aedes aegypti itu aktif di pagi dan sore hari, sehingga fogging juga harus di waktu itu. Kalau tidak, tidak akan efektif,” tandas Alamsyah.(ril)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.