Pertama di Sulbar, Puskemas Binanga Terapkan Rekam Medis Elektronik

Pertama di Sulbar, Puskemas Binanga Terapkan Rekam Medis Elektronik

Deskriptif.co.id, Mamuju – Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi melaunching Silincah Keren atau Rekam medis digital di Puskesmas Binanga Mamuju, Sabtu (13/5/23).

Tenaga IT Puskemas Binanga, Muhammad Arsyad Irawan menjelaskan, dengan hadirnya Silincah Keren ini akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan.

“Jadi tidak menunggu lagi antrian kemudian lebih cepat pelayanan. Dan juga untuk mempermudah laporan SP2TP ke Dinkes setiap bulan.” jelasnya.

Katanya, dengan adanya Silincah Keren ini semua data pasien yang berobat di Puskesmas Binanga akan menyatu di sistem tersebut sehingga memudahkan tenaga kesehatan untuk melakukan diagnosa pasien.

Rekam medisnya semua masuk di (Silincah Keren). Mulai dari pendaftarannya, obatnya, penyakitnya dll. Jadi Dokter tidak perlu lagi membuka rekam medis yang manual untuk mencari riwayat penyakit sebelumnya. Semuanya sudah ada di Komputer,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi menuturkan launching ini merupakan amanah dari Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 24 Tahun 2022 tentang rekam medis. Dalam aturan itu, fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) diwajibkan menjalankan sistem pencatatan riwayat medis pasien secara elektronik. Proses transisi dilakukan sampai paling lambat 31 Desember 2023.

“Perhari ini Puskemas Binanga menjadi Puskesmas yang pertama di Sulbar, yang lebih dulu (menerapkan rekam medis elektronik) dan insyaallah Puskesmas yang lain di bisa segera menyusul,” kata Bupati Mamuju saat diwawancarai awak media.

Sutinah Suhardi mengatakan rekam medik digital ini mempermudah pelayanan ke masyarakat lebih baik lagi karena rekam medik sudah menggunkan sistem elektronik. Selain itu, juga mencegah kehilangan data pasien yang berobat di Puskesmas.

“Jadi dengan adanya sistem seperti ini kita takut lagi bahwa masyarakat atau pasien kita kehilangan rekam medis mereka,” ungkap Bupati.

Bupati perempuan pertama di Bumi Manakarra ini berharap agar semua Puskesmas di Kabupaten Mamuju dalam waktu dekat ini juga sudah dapat menerapkan rekam medis elektronik.

“Insya Allah tidak lama lagi Puskesmas lain yang ada di Kabupaten Mamuju bisa kita terapkan juga seperti saat ini. Apalagi puskesmas-puskesmas besar yang pasiennya banyak seperti Puskemas Tampa Padang, Bambu Rangas itu kita minta untuk bisa segera memberlakukan juga,” tutup Bupati. (ril)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.