TP2DD Sulbar Studi Banding ETPD di Jabar

TP2DD Sulbar Studi Banding ETPD di Jabar

Deskriptif.co.id, Bandung – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Provinsi Sulbar Amujib melakukan Studi Banding Elektronifikasi Traksaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di Provinsi Jawa Barat, Senin (16/10/23).

Kegiatan tersebut digelar oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sulawesi bersama Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) se Sulawesi Barat dalam rangka meningkatkan pemahaman dan awareness seluruh pemda guna mempercepat digitalisasi transaksi baik belanja maupun pendapatan, serta mempercepat implementasi Kartu Kredit Indonesia (KKI) dalam pelaksanaan APBD.

Kepala Perwakilan BI Sulbar, Gunawan Purbowo menyampaikan bahwa studi banding dilaksanakan di Provinsi Jawa Barat dengan pertimbangan Jawa Barat telah terpilih sebagai TP2DD Provinsi terbaik kedua di wilayah Jawa-Bali pada championship 2023 dan Kabupaten Ciamis merupakan TP2DD Kabupaten terbaik pertama untuk kategori TP2DD Kabupaten di wilayah Jawa-Bali.

“Studi Banding kali ini memilih lokasi di Jawa Barat dengan melibatkan seluruh TP2DD Provinsi dan Kabupaten se-Sulawesi Barat serta Ditlantas Polda Sulbar dalam rangka implementasi dan akselerasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah khususnya digitalisasi sektor penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor, diharapkan dapat diadaptasi pada sektor pendapatan dan belanja daerah di wilayah Sulbar dengan memperhatikan karakteristik masing-masing daerah”,ungkap Gunawan Purbowo

Pada kesempatan itu, dilaksanakan FGD dari berbagai narasumber terkait penguatan ETPD, success story implementasi KKPD dan Program Unggulan TP2DD dan kemudian dilanjutkan dengan benchmarking visit ke Samsat Digital Leuwipanjang dan asistensi penginputan indeks ETPD semester II-2023.

Pada sektor penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Tim Pembina Samsat Jawa Barat melalui Sambara (Samsat Mobile Jawa Barat). Aplikasi ini merupakan inovasi layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan yang berupa Aplikasi Smartphone berbasis Android dan iOS. Dengan hadirnya Samsat digital, Wajib Pajak dapat mengakses Layanan Pembayaran Pajak Tahunan di mana saja dan kapan saja.

Selain itu juga dilakukan sharing session bersama Pemda Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Ciamis, yang merupakan pemenang championship TP2DD pada tahun 2023. Sehingga diharapkan dapat menambah referensi kepada pemda khususnya TP2DD di wilayah Sulawesi Barat, dalam melakukan inovasi perluasan elektronifikasi Pemda dan implementasi Kartu Kredit Indonesia (KKI).

“Studi banding ini sangat penting dalam rangka peningkatan elektronifikasi traksaksi pemerintah daerah di Sulawesi Barat, memahami proses implementasi KKI dan dukungan Bank RKUD. Semoga apa yang diperoleh dalam studi banding dapat dipelajari untuk diterapkan, kita berharap kedepan samsat digital juga dapat diterapkan di Sulbar.” kata Amujib usai berkunjung di Kantor Samsat Digital Leuwipanjang-Jabar. (rls)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.