Komisi II DPRD Sulbar Kunker ke UPTD KPH Mapilli Polman

Komisi II DPRD Sulbar Kunker ke UPTD KPH Mapilli Polman

Deskriptif.co.id, Polman – Komisi II DPRD Sulbar melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Mapilli, Kabupaten Polman, Sulbar, Senin (23/10/23).

Kunker itu dilakukan dalam rangka evaluasi program pengelolaan dan pengamanan hutan, hingga potensi pendapatan daerah pada bidang kehutanan.

Ketua Komisi II DPRD Sulbar, Sudirman mengungkapkan, hasil evaluasi program pengamanan hutan UPTD KPH Mapilli dengan luas kurang lebih 75 juta hektar, belum maksimal. Hal itu disebabkan oleh kurangnya biaya operasional.

“Pada tahun anggaran 2023, yang ada hanya biaya operasional kantor sebesar Rp4.000.000 yang digunakan untuk pemeliharaan gedung kantor sebesar Rp2.000.000 dan biaya ATK sebesar Rp2.000.000,” kata Sudirman.

Politisi Partai Golkar itu juga mengungkapkan, jumlah personel UPTD KPH Mapilli, Polman, Sulbar, sebanyak 37 orang yang berstatus ASN yang terdiri dari 4 orang pejabat struktural, pelaksana 23 orang, Polhut 6 orang, penyuluh 2 orang, PEH 2 orang, serta 43 orang tenaga honorer.

“Ini akan menjadi catatan dan perhatian serius kami sebagai bahan kajian dalam pembahasan RAPBD 2024. Kepada Pemprov Sulbar, hutan adalah paru-paru dunia yang harus dijaga agar tetap Lestari,” ungkapnya.

Hal yang tak kala penting, kata Sudirman, adalah pengawasan hutan dari ilegal logging, serta pembalakan liar yang dapat merusak lingkungan dan berdampak buruk terhadap tatanan hidup masyarakat.

“Sehingga perlunya dukungan anggaran sarana dan prasarana, operasional Polhut, hingga peningkatan SDM kehutanan di UPTD KPH yang ada di Sulbar,” tutur Sudirman. (em)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.