KPID Sulbar Ajak Masyarakat Laporkan Pelanggaran di Masa Kampanye

KPID Sulbar Ajak Masyarakat Laporkan Pelanggaran di Masa Kampanye

Mamuju – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengajak masyarakat berpartisipasi melaporkan jika melihat pelanggaran kampanye.

Ketua Komisioner KPID Sulbar, Mu’min mengatakan, KPID terbuka menerima laporan masyarakat.

“Bentuk pengawasan KPID itu ada dua, pengawasan langsung dikerjakan KPID dan partisipasi masyarakat,” ujarnya, Selasa (28/11/2023).

Masyarakat yang ingin melapor cukup mudah. Bisa melalui akun media sosial KPID Sulbar dan bisa langsung ke kantor KPID.

Untuk akun media sosial KPID Sulbar yaitu Instagram @kpid_sulawesi_barat dan Facebook @Kpid Sulawesi Barat. Selian partisipasi masyarakat, KPID Sulbar telah melakukan sosialisasi ke lembaga penyiaran yang ada di Sulbar.

KPID Sulbar juga telah mengirimkan pedoman pelaksanaan kampanye di media penyiaran, baik televisi maupun radio. KPID bersama Badan Pengawas Pemuli (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Dewan Pers mengawas materi kampanye di media penyiaran.

Hal ini berdasarkan Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia (PKPI) Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengawasan Pemberitaan, Penyiaran dan Iklan Kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) Pada Lembaga Penyiaran.

Tujuannya memastikan seluruh pemberitaan, penyiaran dan iklan kampanye dalam Pemilu 2024 di media penyiaran berjalan adil, tidak bias, berimbang dan proporsional. Tahapan kampanye Pemilu sendiri dimulai pada 28 November 2023 – 10 Februari 2024. (rl)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.