Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Mamuju, Digelar Secara Virtual

Mamuju, Terassulbar.com – Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Mamuju yang mengangkat tema ‘Penerapan Empat Pilar NKRI dalam Proses Pilkada Serentak 2020’ dibuka oleh Wakil Ketua MPR Fadhel Muhammad secara virtual.

Sosialisasi empat pilar tersebut diikuti kurang lebih 200 generasi milenial, yang digelar via Zoom di dua tempat berbeda. Titik pertama digelar di Mall Matos Mamuju dan titik kedua di Warkop Resensi Mamuju, Jumat (09/10/2020).

Melalui aplikasi Zoom, Fadhel Muhammad menyinggung soal Empal Pilar Kebangsaan, yakni Pancasil, NKRI, UUD dan Bhineka Tunggal Ika. Dimana keempat pilar itu menjadi tiang dalam kehidupan berbangsa, sehingga para milenial diharap tidak terlibat dalam ego sektoral.

“Untuk kita NKRI adalah harga mati, provinsi dan kabupaten hanya sebagai bentuk pelayanan kebawah, sehingga melalui pilar kebangsaan, kita harapkan generasi muda dapat lebih memahami tanggung jawabnya,” ujar Fadhel.

Selain itu, Fadhel juga menyinggung soal Pilar Pancasila yang harus hadir dalam proses demokrasi, sehingga melahirkan pemimpin yang dapat berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat.

“Wujud Pancasila itu harus hadir dalam visi misi mereka, yang berketuhanan sehingga dapat adil bagi seluruh rakyatnya, sistem demokrasi yang lebih mengedepankan gagasan tidak secara prakmatis,” jelasnya.

Sedangkan, Anggota MPR RI dari Sulawesi Barat, Ajbar Abdul Kadir menjabarkan, peran penting pilar demokrasi dalam momentum Pilkada ini. Dimana, generasi muda diharapkan mengenali secara spesifik dan visi misi para kandidat.

Ajbar juga memaparkan, ciri untuk mengenali peminpin yang baik, yakni diukur dari cara pemimpin itu membuat program yang menjamin kesejahteraan bagi masyarakat, yang dapat diikut dengan meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat.

“Kita harap generasi muda semakin paham terkait kandidat yang berkontestasi, sehingga anak muda harus menggali itu,” ujar Ajbar.

“Harapan saya, milenial jadi pilar demokrasi itu, siapa pun dia, harus memiliki trek rekor yang jelas sebagai calon pemimpin, dan generasi muda bisa mengkampanyekan Pilkada damai,” tutupnya. (adv/hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mengaku Salah, Gubernur Diminta Proses Pencopotan Kadispora Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Provinsi Sulbar, menindaklanjuti tuntutan yang telah disodorkan dalam gerakan aksi 2 Agustus 2021, diantaranya pencopotan, Kadispora Sulbar dan Kabid Kepemudaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Aliansi, Sofliadi. Berdasarkan pertemuan massa aksi yang difasilitasi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi yang juga dihadiri pihak Komisi IV, menghadirkan Kadispora Sulbar […]

Bagikan

11 Pejabat Dirotasi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 pejabat administrator dilingkungannya, Jumat (06/08/2021). Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, M Muflih B Fattah mengatakan, rotasi jabatan di lingkup Kemenag Sulbar memang harus dilakukan karena tuntutan organisasi. Hal itu juga sebagai bentuk penyegaran bagi pejabat ditempat mereka yang […]

Bagikan

Permudah Nelayan, DPK Mateng Ciptakan Aplikasi Penangkap Ikan

Deskriptif.co.id, Mamuju Tengah – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah (Mateng), temukan terobosan baru ciptakan aplikasi pendeteksi ikan guna mempermudah penangkapan ikan bagi nelayan di laut. I Made Kardiana, merupakan sosok yang mempelopori pembuatan aplikasi itu, juga sekaligus Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Mateng, menuturkan, aplikasi itu bernama Pamekang berasal dari bahasa Mamuju […]

Bagikan

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan