Lindungi Hak Pilih Masyarakat, KPU Kabupaten Majene Kembali Canangkan GMHP

Deskriptif.co.id, Majene – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majene terus berupaya melindungi hak pilih Masyarakat. Cara itu dilakukan dengan membuat Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) untuk pemilihan Kepala Daerah Majene tahun 2020 ini.

Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Majene Muhammad Subhan mengatakan, Program yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Majene ini untuk memaksimalkan Perlindungan Hak Memilih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Majene. Gerakan Melindungi Hak Pilih” (GMHP) ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 4 – 13 November 2020.

“Dalam Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) ini KPU Kabupaten Majene akan membuka posko di 82 Desa dan Kelurahan, pada 8 Kecamatan dan 1 Posko Induk di KPU Kabupaten Majene,” kata Subhan menjelaskan, Senin 2 November 2020 di Kantor KPU Majene.

Kata dia, PPK serta PPS selain akan berada diposko GMHP untuk menunggu laporan dari masyarakat, mereka juga akan pro aktif mendatangi warga masyarakat untuk memastikan apakah warga tersebut sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih yang sudah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Majene. Sehingga pada tanggal 9 Desember 2020 nanti seluruh warga masyarakat yang memenuhi syarat untuk memilih dapat tetap melaksanakan hak pilihnya di masing-masing TPS.

Dia mengatakan, jika PPK dan PPS dilapangan menemui warga yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), maka PPK dan PPS akan mengedukasi warga yang ditemui tersebut. Sehingga diharapkan nantinya warga yang belum terdata dalam DPT dapat hadir di TPS sesuai alamat domisili yang tertera dalam KTP-ELnya untuk menyalurkan hak pilihnya,” selanjutnya KPPS akan memasukkan warga tersebut dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTB),”ujar Subhan.

Lebih jauh dia menjelaskan, bahwa KPU Kabupaten Majene dan PPS diseluruh wilayah Kabupaten Majene saat ini juga melaksanakan Pendataan terkait Pemilih yang ingin melakukan Pindah memilih (Daftar Pemilih Pindahan/DPPH).

Pengurusan Pindah Memilih itu karena Keadaan tertentu dapat dilakukan oleh Pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap paling lambat 3 hari sebelum Pelaksanaan Pemungutan Suara dilaksanakan. (cha)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Gubernur Pantau Kesiapan Pembangunan Huntap

MAJENE, Deskriptif.co.id – Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar didampingi Bupati Majene, Lukman dan Pj. Sekda Majene, Suyuti memantau kesiapan lahan pembangunan Hunian Tetap (Huntap) masyarakat di Kecamatan Ulumanda dan Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Selasa, 18 Mei 2021 “Kita berharap proses pengerjaan pembangunan hunian itu dapat berjalan dengan lancar dan bisa selesai dengan cepat, sehingga masyarakat […]

Bagikan

Tim Hukum AHY: Pelaku KLB Ilegal Deli Serdang Kalah Telak 0-4

JAKARTA, Deskriptif.co.id – Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) kembali menolak gugatan hukum pelaku KLB Partai Demokrat (Deli Serdang) yang menggugat Agus Harimurti Yudhoyono Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Hal ini tercantum dalam amar Putusan PN Jakpus perkara no. 167/Pdt.Sus-Parpol/2021/PN.Jkt.Pst, dimana PN Jakpus menolak gugatan mantan Ketua DPC Halmahera Utara (Halut), Yulius Dagilaha, yang menggugat […]

Bagikan

Kapolres Majene : Jaga Disiplin dan Loyalitas, Jangan Karena Puasa Kita Melemah

MAJENE, Deskriptif.co.id – Puasa Ramadan mestinya menjadi spirit untuk kita lebih semangat dalam bekerja dikarenakan seluruh perbuatan baik di bulan suci ini manjadi istimewa dan pahalanya akan dilipatgandakan. Kapolres Majene AKBP Irawan Banuaji menekankan agar puasa tidak menjadi alasan kita melemah atau tidak semangat bekerja. “Untuk itu, disiplin dan loyalitas harus menjadi kebangaan kita di kondisi […]

Bagikan

Gubernur Resmikan Gedung Hibah Pemprov

MAJENE, Deskriptif.co.id – Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar meresmikan Gedung Hibah Pemprov Sulbar dan Gedung Laboratorium Terpadu Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), Senin 3 Mei 2021. Berlangsung di Kampus Unsulbar tepatnya di Parang-Parang Kabupaten Majene, peresmian dua gedung tersebut ditandai dengan penandantanganan prasasti dan pemotongan pita. Dalam kegiatan itu dirangkaikan buka puasa bersama. Dalam sambutannya, Gubernur […]

Bagikan