Kartu Mamuju Keren Sebagai Solusi Permasalahan Ekonomi Di Masa Pandemi

Mamuju, Deskriptif.co.id – Lumpuhnya perekonomian sejak pandemi covid-19 yang melanda dunia, khususnya di indonesia, sangat terasa di berbagai sektor, khususnya sektor ekonomi. Hal ini terlihat dari tingginya angka PHK akibat dunia perekonomian semi lumpuh.

Tingginya angka PHK ini menyebabkan peningkatan angka kemiskinan karena jumlah pengangguran semakin meningkat.

Menurut Kementerian Ketenagakerjaan, tenaga kerja terdampak COVID-19 berjumlah sekitar 3,05 juta orang (per 2 Juni 2020) dan memperkirakan tambahan pengangguran bisa mencapai 5,23 juta.

Mengacu data survei Badan Pusat Statistik (BPS), kelompok yang paling terdampak dari COVID-19 adalah penduduk perpendapatan rendah dan pekerja di sektor informal.

Hal ini terlihat dari survei yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Litbang Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan dan Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia melakukan survei online.

Berdasarkan survei yang dilakukan selama periode 24 April sampai 2 Mei 2020 terhadap penduduk usia 15 tahun keatas, dengan jumlah responden yang terjaring sebanyak 2.160 responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia, ditemukan sebanyak 15,6 persen pekerja mengalami PHK dan 40 persen pekerja mengalami penurunan pendapatan, diantaranya sebanyak 7 persen pendapatan buruh turun sampai 50 persen.

Menyikapi hal tersebut, sekretaris relawan induk Mamuju Keren, Marwan Syamsul mengatakan, salah satu misi yang terkandung dalam program Mamuju keren fakta ini lah yang menjadi salah satu fokus kerja pemerintah Tina-Ado untuk menjaga stabilitas perputaran ekonomi khususnya di Mamuju jika terpilih 9 desember nanti.

“Dalam pandangan Kami mengapa Tina-Ado mantap untuk melaunching Kartu Mamuju keren, karena kedepan diharapkan kartu ini menjadi penanda untuk kelompok masyarakat yang di kategorikan sebagai prioritas objek Bantuan Pemerintah,” kata Marwan Via WhatsApp, Kamis (19/11/2020).

Menurutnya kebijakan pusat sudah pasti akan konek dengan kebijakan di daerah nantinya, tidak mungkin ada daerah yang berjalan tidak seiring dengan program pemerintah pusat.

“Olehnya Kita sangat optimis Hadirnya Kartu mamuju keren dan dengan kemenangan Tina-Ado di 9 desember nanti, manfaat Kartu Mamuju keren dapat terwujud, dan saya kira masyarakat Mamuju sudah tahu siapa calon Bupati yang dapat lebih memberi manfaat nyata dalam hal kebijakan di Mamuju ini kedepan,” ujarnya.

Ia pun meyakini masyarakat Mamuju dapat membandingkan ke dua calon Bupati di pilkada kali ini. (**)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan

BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Menyerahkan Jaminan Kematian Prajurit TNI AD

MAMUJU, Suwarta.com – BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Barat kembali menyerahkan santunan Jaminan kematian sebesar Rp 42 juta kepada Ny. Mariana istri Almarhum Serma Hasan anggota Kodim 1418/Mamuju yang meninggal beberapa hari yang lalu. Penyerahan santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan dilaksanakan dikediaman Almarhum Serma Hasan di jalan Angsa Lingkungan Padang Baka Mamuju. Jumat, (2 /7/21). Danrem 142/Tatag […]

Bagikan

Ditunjang Sarana, Prajurit Korem 142/Tatag Aktif Olahraga

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, “Mens sana in corpore sano” hal ini sejalan dengan aktifitas yang dilakukan oleh Personel Korem 142/Tatag sebelum memulai kegiatan diawali dengan olahraga pagi, ini dilakukan setiap hari guna menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas. Ditunjang dengan fasilitas sarana olahraga yang sangat memadai misalnya, Lapangan bola, […]

Bagikan

ABM Angkat Bicara Soal Dinamika Musorprov KONI

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Pelaksanaan musyawarah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar yang berakhir Deadlock, dimana pencalonan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar sebagai kandidat satu-satunya mendapat protes. Menanggapi hal tersebut, nomor satu Sulbar tersebut mengungkapkan bahwa dinamika pelaksanaan Musorprov Koni Sulawesi Barat, dirinya secara pribadi yang telah ditetapkan oleh Tim Penjaringan Pendaftaran Calon Ketua yang ditangani […]

Bagikan