Komisi III DPRD Sulbar Kunker ke Makassar Bahas Penanganan Permukiman

Komisi III DPRD Sulbar Kunker ke Makassar Bahas Penanganan Permukiman

Deskriptif.co.id, Makassar – Komisi III DPRD Sulbar melakukan kunjungan kerja ke Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulsel di Makassar pada hari Selasa (24/11/202).

Kedatangan rombongan komisi III yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Rayu SE ini adalah untuk membahas permasalahan permukiman khususnya di wilayah Sulbar.

“Meski kami baru mengetahui bahwa wilayah kerja balai permukiman ini hanya wilayah Sulsel saja, tapi tidak apa-apa, kami tetap perlu mendapatkan informasi terkait upaya-upaya untuk penanganan permasalahan permukiman, khususnya permukiman yang telah terkena bencana seperti banjir atau gempa bumi,” kata Rayu.

Rombongan komisi III ini diterima oleh Kasubag Tata Usaha Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulsel Muhammad Taufik dan Kepala Seksi Pelaksana Wilayah I Arman Rahim beserta sejumlah pejabat lainnya.

Arman Rahim menjelaskan bahwa kewenangan balai permukiman di antaranya berkaitan dengan pelayanan sanitasi (air limbah, persampahan,drainase), kawasan prmukiman (kumuh kota, agropolitan), spam untuk penyediaan air minum.

Juga pengadaan pembangunan lingkungan dan ruang terbuka hijau, penanganan pascabencana terkait sarana prasarana permukiman, jalan, dan air.

“Kami juga ada kegiatan perkotaan yaitu program kumuh. Ini sesuai dengan perintah menteri PUPR. Ada beberapa kriteria untuk jadi dasar untuk intervensi kawasan dinyatakan kumuh. Seperti kabupaten/kota harus ada perda terkait dulu, yang meliputi 7 aspek yaitu, bangunan gedung, jalan, sanitasi, air bersih, proteksi kebakaran,” jelas Rahim.

Pihak pemda kabupaten/kota jua bisa memberikan usulan untuk pmbangunan sekolah, madrasah, sarana olahraga, dan pasar.

Uusulan ini harus masuk ke dokumen strategi penyelenggaraan permukiman untuk menjadi dasar menjadi program di Balai Prasarana Permukiman.

Balai Prasarana Permukiman ini berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (Adv)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.