Komisi III DPRD Sulbar Kunker ke Makassar Bahas Penanganan Permukiman

Deskriptif.co.id, Makassar – Komisi III DPRD Sulbar melakukan kunjungan kerja ke Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulsel di Makassar pada hari Selasa (24/11/202).

Kedatangan rombongan komisi III yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Rayu SE ini adalah untuk membahas permasalahan permukiman khususnya di wilayah Sulbar.

“Meski kami baru mengetahui bahwa wilayah kerja balai permukiman ini hanya wilayah Sulsel saja, tapi tidak apa-apa, kami tetap perlu mendapatkan informasi terkait upaya-upaya untuk penanganan permasalahan permukiman, khususnya permukiman yang telah terkena bencana seperti banjir atau gempa bumi,” kata Rayu.

Rombongan komisi III ini diterima oleh Kasubag Tata Usaha Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulsel Muhammad Taufik dan Kepala Seksi Pelaksana Wilayah I Arman Rahim beserta sejumlah pejabat lainnya.

Arman Rahim menjelaskan bahwa kewenangan balai permukiman di antaranya berkaitan dengan pelayanan sanitasi (air limbah, persampahan,drainase), kawasan prmukiman (kumuh kota, agropolitan), spam untuk penyediaan air minum.

Juga pengadaan pembangunan lingkungan dan ruang terbuka hijau, penanganan pascabencana terkait sarana prasarana permukiman, jalan, dan air.

“Kami juga ada kegiatan perkotaan yaitu program kumuh. Ini sesuai dengan perintah menteri PUPR. Ada beberapa kriteria untuk jadi dasar untuk intervensi kawasan dinyatakan kumuh. Seperti kabupaten/kota harus ada perda terkait dulu, yang meliputi 7 aspek yaitu, bangunan gedung, jalan, sanitasi, air bersih, proteksi kebakaran,” jelas Rahim.

Pihak pemda kabupaten/kota jua bisa memberikan usulan untuk pmbangunan sekolah, madrasah, sarana olahraga, dan pasar.

Uusulan ini harus masuk ke dokumen strategi penyelenggaraan permukiman untuk menjadi dasar menjadi program di Balai Prasarana Permukiman.

Balai Prasarana Permukiman ini berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (Adv)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mengaku Salah, Gubernur Diminta Proses Pencopotan Kadispora Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Provinsi Sulbar, menindaklanjuti tuntutan yang telah disodorkan dalam gerakan aksi 2 Agustus 2021, diantaranya pencopotan, Kadispora Sulbar dan Kabid Kepemudaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Aliansi, Sofliadi. Berdasarkan pertemuan massa aksi yang difasilitasi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi yang juga dihadiri pihak Komisi IV, menghadirkan Kadispora Sulbar […]

Bagikan

11 Pejabat Dirotasi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 pejabat administrator dilingkungannya, Jumat (06/08/2021). Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, M Muflih B Fattah mengatakan, rotasi jabatan di lingkup Kemenag Sulbar memang harus dilakukan karena tuntutan organisasi. Hal itu juga sebagai bentuk penyegaran bagi pejabat ditempat mereka yang […]

Bagikan

Permudah Nelayan, DPK Mateng Ciptakan Aplikasi Penangkap Ikan

Deskriptif.co.id, Mamuju Tengah – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah (Mateng), temukan terobosan baru ciptakan aplikasi pendeteksi ikan guna mempermudah penangkapan ikan bagi nelayan di laut. I Made Kardiana, merupakan sosok yang mempelopori pembuatan aplikasi itu, juga sekaligus Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Mateng, menuturkan, aplikasi itu bernama Pamekang berasal dari bahasa Mamuju […]

Bagikan

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa : Apabila Ada yang Meminta Uang Dalam Seleksi TNI AD Segera Dilaporkan

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Video conference Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dengan seluruh orang tua/wali Calon Taruna Akademi Militer Bertempat di Puskodal Markas besar TNI AD dengan para orang tua calon Taruna yang berada pada Sub. Panda masing – masing ditingkat Kodam dan Korem, termasuk Korem 142/Tatag dihadiri 4 orang tua calon Taruna Akademi Militer Sub. […]

Bagikan