Mentan Datang Memastikan Kebutuhan Pangan Sulbar Terpenuhi

MAMUJU, DESKRIPTIF.CO.ID – Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan pasca gempa Sulbar kepada Gubernur Sulbar, Ali Baal masdar yang berlangsung di di Markas Komando Korem 142 tatag dan posko induk kantor gubernur Sulbar, Sabtu 23 Januari 2021.

“Saya ingin memastikan kebutuhan pangan Sulbar cukup terpenuhi, kalau tidak tolong pak Sekda pak Gubernur segera informasikan ke saya,” kata SYL (sapaan).

Dia juga mengungkapkan bahwa kunjungannya ke Sulbar mempunyai 3 poin utama, yaitu agenda SOS atau dalam keadaan darurat, disusul pengecekan diwaktu temporary sistem selama 1 bulan hingga 100 hari kedepan yang bertujuan dapat dipantau oleh semua Dirjen pertanian Republik Indonesia terkait kebutuhan pangan.

“Tujuan saya datang ke sini ada dua hal yang pertama karena perintah Presiden dan yang kedua dikarenakan panggilan hati nurani ini Pak Gub,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, bantuan tersebut merupakan hal yang wajar saja namun selaku Menteri Pertanian Republik Indonesia, ia ingin memastikan ketersediaan pangan Sulbar pasca gempa 6,2 Magnitudo dapat tetap stabil.

Dia juga menyampaikan sekiranya jangan merekayasa bencana alam Sebab tuhan yang maha esa tidak meridhoi hal tersebut dan bahkan akan menciptakan bencana yang baru lagi.

Adapun jenis bantuan yang diberikan yaitu bahan pokok, Softex, popok bayi, obat-obatan, terpal alas tidur, mie instan,miyak kayu putih, air mineral dan ada 60 ton beras .

Sedangkan, Sekretaris Daerah Pemprov Sulbar Muhammad Idris melaporkan, adapun data korban jiwa meninggal dunia sebanyak 92 orang di mana Kabupaten Mamuju terdapat 81 orang dan Kabupaten Majene 11 orang sedangkan warga yang terluka sebanyak 426 orang yang Luka berat 240 orang luka sedang, dan 2703 orang luka ringan Selain itu dinyatakan hilang 3 orang di Kabupaten Majene 2 orang meninggal di pengungsian.

“Kalau jumlah data pengungsi di Kabupaten Mamuju sebanyak 60.505 orang pengungsi di atas 100 orang sebanyak 105 itik, pengungsi di bawah 100 orang sebanyak 124 Dan Kabupaten Majene terdapat 29.119 orang pengungsi di atas seseorang sebanyak 20 dan pengungsi di bawah saat seorang 0. Total pengungsi sebanyak 89.624 orang,” tuturnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Gubernur 2 periode 2006 – 2016 Anwar Adnan Saleh, sekretaris Dewan DPRD Sulbar, Abdul Wahab Hasan Sulur serta para tamu undangan.(Adv/hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mengaku Salah, Gubernur Diminta Proses Pencopotan Kadispora Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Provinsi Sulbar, menindaklanjuti tuntutan yang telah disodorkan dalam gerakan aksi 2 Agustus 2021, diantaranya pencopotan, Kadispora Sulbar dan Kabid Kepemudaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Aliansi, Sofliadi. Berdasarkan pertemuan massa aksi yang difasilitasi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi yang juga dihadiri pihak Komisi IV, menghadirkan Kadispora Sulbar […]

Bagikan

11 Pejabat Dirotasi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 pejabat administrator dilingkungannya, Jumat (06/08/2021). Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, M Muflih B Fattah mengatakan, rotasi jabatan di lingkup Kemenag Sulbar memang harus dilakukan karena tuntutan organisasi. Hal itu juga sebagai bentuk penyegaran bagi pejabat ditempat mereka yang […]

Bagikan

Permudah Nelayan, DPK Mateng Ciptakan Aplikasi Penangkap Ikan

Deskriptif.co.id, Mamuju Tengah – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah (Mateng), temukan terobosan baru ciptakan aplikasi pendeteksi ikan guna mempermudah penangkapan ikan bagi nelayan di laut. I Made Kardiana, merupakan sosok yang mempelopori pembuatan aplikasi itu, juga sekaligus Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Mateng, menuturkan, aplikasi itu bernama Pamekang berasal dari bahasa Mamuju […]

Bagikan

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan