Status Keadaan Tanggap Darurat Diperpanjang, Hak Masyarakat di Pengungsian Terus Dipenuhi

MAMUJU, DESKRIPTIF.CO.ID – Dalam rangka penanganan darurat dampak gempa bumi berkekuatan 6,2 SR pada tanggal 15 Januari 2021 pukul 02:28 WITA dengan kedalaman 10 kilometer, pusat gempa berada di 2.98 LS, 118.94 BT (6 km Timur Laut Kabupaten Majene) yang mengakibatkan korban jiwa, luka-luka, kerugian harta benda, kerusakan infrastruktur, kerusakan fasilitas umum, kerusakan fasilitas sosial, kerusakan hunian masyarakat dan timbulnya pengungsian di Provinsi Sulawesi Barat, telah ditetapkan Keputusan Gubernur Sulawesi Barat Nomor 188.4/28/SULBAR/I/2021 tentang Penetapan Status Keadaan Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi di Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2021.

Berdasarkan kondisi di lapangan sampai dengan berakhirnya masa Status Keadaan Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi di Provinsi Sulawesi Barat, masih diperlukan kegiatan-kegiatan penanganan darurat atas dampak yang ditimbulkan oleh bencana gempa bumi tersebut.

“Maka status Keadaan Tanggap Darurat kembali di perpanjang selama 7 hari, terhitung mulai tanggal 29 Januari 2021 hingga tanggal 4 Februari 2021,” ungkapnya ABM ( Sapaan)

“Segala biaya yang timbul akibat ditetapkannya Keputusan ini dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2021 dan Sumber Pendanaan lain yang sah dan tidak mengikat,” tambahnya.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris menyampaikan setelah perpanjangan status keadaan tanggap darurat ditandatangani oleh Gubernur maka pihaknya akan terus melakukan kegiatan-kegiatan penanganan darurat atas dampak yang ditimbulkan oleh bencana gempa. Sampai dengan 7 hari kedepan.

“Membantu terpenuhinya kebutuhan dasar, perlindungan pengurusan pengungsi, penyelamatan, serta pemulihan. Sebab walaupun di tempat pengungsian, apa yang menjadi hak mereka dalam kondisi mereka harus terpenuhi,” tuturnya.

“Apalagi ibu hamil, ibu menyusui dan anak anak. Layanan pemenuhan kebutuhan fisik dan psikologi mereka masih harus terus dilakukan. Menjadi satu prioritas, sebagaimana yang juga menjadi harapan Menteri PPA, I gusti Ayu kemarin saat berkunjung ke Sulbar,” tutupnya.(Adv/hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mengaku Salah, Gubernur Diminta Proses Pencopotan Kadispora Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Provinsi Sulbar, menindaklanjuti tuntutan yang telah disodorkan dalam gerakan aksi 2 Agustus 2021, diantaranya pencopotan, Kadispora Sulbar dan Kabid Kepemudaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Aliansi, Sofliadi. Berdasarkan pertemuan massa aksi yang difasilitasi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi yang juga dihadiri pihak Komisi IV, menghadirkan Kadispora Sulbar […]

Bagikan

11 Pejabat Dirotasi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 pejabat administrator dilingkungannya, Jumat (06/08/2021). Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, M Muflih B Fattah mengatakan, rotasi jabatan di lingkup Kemenag Sulbar memang harus dilakukan karena tuntutan organisasi. Hal itu juga sebagai bentuk penyegaran bagi pejabat ditempat mereka yang […]

Bagikan

Permudah Nelayan, DPK Mateng Ciptakan Aplikasi Penangkap Ikan

Deskriptif.co.id, Mamuju Tengah – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah (Mateng), temukan terobosan baru ciptakan aplikasi pendeteksi ikan guna mempermudah penangkapan ikan bagi nelayan di laut. I Made Kardiana, merupakan sosok yang mempelopori pembuatan aplikasi itu, juga sekaligus Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Mateng, menuturkan, aplikasi itu bernama Pamekang berasal dari bahasa Mamuju […]

Bagikan

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan