Gusdurian Peduli Masuki Daerah Pelosok Salurkan Bantuan

Gusdurian Peduli Masuki Daerah Pelosok Salurkan Bantuan

MAMUJU, DESKRIPTIF.CO.ID – Gusdurian Peduli mendistribusikan bantuan kepada pengungsi di Desa Pasa’bu dan Desa Labuang Rano Kecamatan Tappalang Barat Kabupaten Mamuju. Jum’at 29/1/2021.

Gempa dengan kekuatan 6,2 magnitudo yang yang menghantam Provinsi Sulawesi Barat sejak dua pekan sebelumnya, Masi menimbulkan ketakutan bagi masyarakat, akibatnya kegiatan sehari-hari Masi banyak dihabiskan di tenda pengungsian.

Kebanyakan masyarakat mengungsi ke perbukitan yang landai sebagai titik aman akan bencana lanjutan seperti longsor dan tsunami.

Begitu juga yang di alami oleh penduduk di dua Desa yang berada di kecamatan Tapalang Barat, yang menjadi titik pendistribusian bantuan.

Paska gempa terjadi sampai saat ini, relawan Gusdurian peduli telah mencermati dan melakukan komunikasi dengan warga sekitar, terkait kebutuhan mendesak yang diperlukan oleh mereka mulai dari bantuan nutrisi ke non nutrisi seperti tikat,sarung,terpal,dan selimut.

Berangkat dari Posko bersama Gusdurian Peduli yang terletak di Desa Mekatta, pendistribusian logistik menuju ke dua titik disalurkan sekitar pukul 10:00 Wita.

Desa Pasa’bu merupakan titik pertama pendistribusian bantuan, melalui jaringan yang terdapat disana, bantuan tersebut lansung disalurkan ke Posko Induk Desa Pasa’bu.

Sementara itu pendistribusian di Desa Labuang Rano, memakan waktu yang cukup lama akibat akses jalan yang Masi sulit untuk dilalui.

Mobil yang mengantar logistik tidak mampu melewati dua titik longsor dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, olehnya masyarakat sekitar yang turun langsung mengantar logistik dengan kendaraan mereka.

Sebanyak sembilan motor yang digunakan untuk mengangkut bantuan tersebut, secara beriringan menyusuri longsor, tanjakan dan turunan yang sudah agak licin akibat gerimis.

Setelah sampai di posko Labuang Rano, Sainal selaku koordinator posko Labuang Rano menyampaikan rasa terima kasihnya.

“Kebutuhan logistik itu alhamdulillah sudah terpenuhi, namun yang dibutuhkan sekarang ialah selimut dan tenda,” ungkap salah satu relawan Gusdurian Peduli Sainal.

Sainal menjelaskan kondisi yang serba seadanya di tenda pengungsian, ditambah cuaca saat malam hari membuat meraka merasa kedinginan.

“Sebab kalau malam itu kami kedinginan,” tambahnya.

Sementara itu Koodinator posko Bersama Gusdurian Peduli untuk korban Gempa Mamuju dan Majene Zulkifli menyebut bahwa pendistribusian bantuan tersebut dilanjutkan hari ini (Sabtu 30 Januari) di Desa Mekkatta yang juga merupakan posko induk dari Gusdurian Peduli

“Seharian kemarin, kami berada di dua titik lokasi yakni Padang Baka Kelapa Tuju Mamuju, desa Labuang Rano dan Desa Pasa’bu. Insyaallah hari ini Kami lanjut kembali di Desa Mekatta sebagai Posko induk Pendistribusian Logistik dan pendampingan kepada penyintas,” tuturnya.

Lebih lanjut Zulkifli Menegaskan Bahwa Hadirnya Gusdurian Peduli bekerja sama dengan Beberapa Lembaga Lokal bukan Hanya sekedar Pendistribusian Logistik Semata, tapi juga melakukan proses pengorganisasian terhadap Penyintas yang sampai Hari ini Masi berada di tenda – tenda pengunsian

“Jadi kehadiran kami di bersama beberapa Lembaga Lokal, bukan hanya pendistribusian semata, tapi juga melakukan pendampingan terhadap Penyintas agar mereka kembali dikehiduapannya seperti sediakala dan tetap survive meski berada di tenda – tenda pengungsian,” tutupnya.(hn)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.