Hadiri Pelantikan, Halim Harap Bupati Fokus Perhatikan Warganya Terdampak Gempa

MAMUJU, DESKRIPTIF.CO.ID – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulbar Abdul Halim menghadiri pelantikan Bupati Majene di Rumah Jabatan Gubernur Sulbar, Senin 1 Februari 2021.

Dalam pelantikan Bupati Majene yang melanjutkan sisa jabatan 2016-2021 yang dalam hal ini menggantikan almarhum Fahmi Massiara.

“Saya harap bupati Majene yang sudah dilantik fokus memperhatikan warga Majene yang saat ini terkena musibah bencana alam,” ungkap Halim.

Lanjutnya, meskipun sisa jabatannya tinggal beberapa bulan lagi, namun kehadirannya sangat dibutuhkan masyarakat Majene saat ini untuk bangkit dari musibah bencana gempa.

“Apalagi masyarakatnya masih ada yang tinggal di pengungsian. Jadi saya harap masyarakat Majene bisa bangkit kembali,” tuturnya.

Sedangkan, Bupati Majene,  Lukman menyampaikan,sesuai amanat undang-undang ketika Bupati meninggal dunia maka secara otomatis Wakil Bupati akan menggatikan kedudukan selaku kepala daerah kabupaten/kota.

Terkait bencana gempa bumi yang melanda Majene dan Mamuju, apalagi terjadi gempa susulan ,Minggu, 31 Januari 2021, mau tidak mau ,  para warga kembali melakukan pengungsian ditendanya masing-masing ,dimana sebelumnya sudah mulai kembali beraktifitas di rumah masing-masing.

“Terkhusus bagi daerah terisolir,  pihak pemerintah pusat,  pemerintah provinsi dan kabupaten telah berupaya membuka daerah-daerah terisolir. Disamping itu ,kami mendata kebutuhan-kebutuhan warga kita yang mendesak misanya air bersih,  MCK,  dan tentu layanan lainnya,” ujar Lukman.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati Majene tersebut  sesuai  ketentuan peraturan perundang-undangan berdasarkan pasal 173 ayat 4 undang-undang Nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua  Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-undang yang menegaskan bahwa DPRD kabupaten atau kota menyampaikan usulan pengangkatan dan pengesahan Wakil Bupati atau Wakil Walikota kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur untuk diangkat dan disahkan sebagai Bupati atau Walikota,  dimana saudara Lukman menggantikan almarhum Fahmi Massiara sebagai Bupati Majene sisa masa jabatan 2016-202.(Adv/hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mengaku Salah, Gubernur Diminta Proses Pencopotan Kadispora Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Provinsi Sulbar, menindaklanjuti tuntutan yang telah disodorkan dalam gerakan aksi 2 Agustus 2021, diantaranya pencopotan, Kadispora Sulbar dan Kabid Kepemudaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Aliansi, Sofliadi. Berdasarkan pertemuan massa aksi yang difasilitasi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi yang juga dihadiri pihak Komisi IV, menghadirkan Kadispora Sulbar […]

Bagikan

11 Pejabat Dirotasi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 pejabat administrator dilingkungannya, Jumat (06/08/2021). Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, M Muflih B Fattah mengatakan, rotasi jabatan di lingkup Kemenag Sulbar memang harus dilakukan karena tuntutan organisasi. Hal itu juga sebagai bentuk penyegaran bagi pejabat ditempat mereka yang […]

Bagikan

Permudah Nelayan, DPK Mateng Ciptakan Aplikasi Penangkap Ikan

Deskriptif.co.id, Mamuju Tengah – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah (Mateng), temukan terobosan baru ciptakan aplikasi pendeteksi ikan guna mempermudah penangkapan ikan bagi nelayan di laut. I Made Kardiana, merupakan sosok yang mempelopori pembuatan aplikasi itu, juga sekaligus Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Mateng, menuturkan, aplikasi itu bernama Pamekang berasal dari bahasa Mamuju […]

Bagikan

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan