GMNI Sulbar Prihatin Kondisi Penanganan Pasca Gempa yang Amburadul

MAMUJU, Deskriptif.co.id – DPD GMNI Provinsi Sulawesi Barat mengeluarkan pernyataan sikap atas kondisi penanganan situasi pasca gempa 6,2 SR yang sangat memprihatinkan.

Ketua DPD GMNI Provinsi Sulawesi Barat Sugiarto Albert mengatakan GMNI melihat penanganan masa transisi pasca gempa 15 Januari lalu, tidak dikelola dengan baik.

“Ini tidak terkelola dengan baik, dilihat tidak tersalurnya dana bantuan 2,8 Milliar rupiah ke korban gempa, yang saat ini masih mengendap di satuan tugas penanganan gempa Provinsi Sulawesi Barat,” kata Sugiarto, Rabu 17 Februari 2021.

Sehingga, GMNI Sulbar meminta pemprov melakukan evaluasi menyeluruh dan meminta agar pendataan dimasa transisi dilakukan secara terbuka dan valid.

“Makanya kita keluarkan 10 pernyataan sikap yang perlu diperhatikan oleh Pemprov agar penanganan pasca gempa betul-betul menyentuh masyarakat yang terdampak,” tambahnya.

Adapun, sepuluh pernyataan sikap GMNI Sulbar diantaranya :

1. Copot kepala BPBD Sulawesi barat (Darno Majid) yang tidak bekerja.

2. Meminta transparansi pendataan bantuan dari donatur untuk gempa Sulbar.

3. Meminta transparansi dan keadilan untuk pendataan rumah rusak.

4. Segera lakukan pendataan valid dan distribusikan sesuai estimasi untuk bantuan yang masih tersisa.

5. Pemprov Sulbar segera lakukan langkah-langkah terkait masalah transisi bencana yang tidak jelas.

6. Jangan jadikan bencana sebagai lahan jualan politik untuk kepentingan Individu.

7. Pemprov Sulbar dinilai lalai dan tidak bertanggung jawab.

8. Segera bentuk Tim khusus transisi dari gabungan relawan² yang lebih independen dan akurat.

9. Segera tangani masalah kesehatan, pendidikan dan ekonomu masyarakat yang masih tidak berjalan pasca gempa.

10. DPD GMNI Provinsi Sulawesi barat menyesalkan timbunan bantuan sedangkan masyarakat kelaparan dan menjadi korban.(*/hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mengaku Salah, Gubernur Diminta Proses Pencopotan Kadispora Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Provinsi Sulbar, menindaklanjuti tuntutan yang telah disodorkan dalam gerakan aksi 2 Agustus 2021, diantaranya pencopotan, Kadispora Sulbar dan Kabid Kepemudaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Aliansi, Sofliadi. Berdasarkan pertemuan massa aksi yang difasilitasi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi yang juga dihadiri pihak Komisi IV, menghadirkan Kadispora Sulbar […]

Bagikan

11 Pejabat Dirotasi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 pejabat administrator dilingkungannya, Jumat (06/08/2021). Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, M Muflih B Fattah mengatakan, rotasi jabatan di lingkup Kemenag Sulbar memang harus dilakukan karena tuntutan organisasi. Hal itu juga sebagai bentuk penyegaran bagi pejabat ditempat mereka yang […]

Bagikan

Permudah Nelayan, DPK Mateng Ciptakan Aplikasi Penangkap Ikan

Deskriptif.co.id, Mamuju Tengah – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah (Mateng), temukan terobosan baru ciptakan aplikasi pendeteksi ikan guna mempermudah penangkapan ikan bagi nelayan di laut. I Made Kardiana, merupakan sosok yang mempelopori pembuatan aplikasi itu, juga sekaligus Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Mateng, menuturkan, aplikasi itu bernama Pamekang berasal dari bahasa Mamuju […]

Bagikan

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan