Sebulan Pasca Gempa, Pasien Positif Covid-19 Meningkat Dua Kali Lipat

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Peningkatan positiv covid- 19 atau virus corona di Sulbar pasca gempa cukup melaju.

Data dari Dinkes Sulbar menyebutkan, ada 2020 orang yang terpapar hingga tanggal 6 Januari 2021 lalu. Sekitar sebulan kemudian yakni, tanggal 10 Februari 202, meningkat dua kali lipat menjadi 4.701 orang.
Bahkan, per 19 Februari 2021 jumlahnya sudah mencapai 5.042 orang yang terpapar corona.

Merespon fenomena meningkatnya penyebaran Covid 19 di Sulbar, pasca gempa 14 Januari lalu, Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, dr. Didi AsranĀ  kembali mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokoler kesehatan.

“Adanya pengungsian dan menggejalanya masyarakat yang kurang disiplin lagi pasca gempa membuka ruang bagi meningkatnya orang yang positif corona. Untuk itu, saya meminta kepada seluruh masyarakat Sulbar agar kembali peduli dan waspada dengan resiko tertular covid,” kata dr. Didi Asran.

Lanjutnya, pihaknya akan melanjutkan pola yang dilakukan oleh pejabat sebelumnya dalam hal pencegahan penyebaran virus corona.

Diantaranya, akan lebih memaksimalkan lagi para tenaga kesehatan untuk terus memantau dan mengantisipasi perkembangan penyebaran covid 19 melalui pola yang biasa disebut dengan 3 T.
Testing, tracing alias penelurusuran kontak erat dan treatmen atau tindak lanjut berupa perawatan pada pasien covid 19.

“Bencana ini memang memberi dampak yang luar biasa. Tetapi kita harus tetap peduli dengan covid 19. Bahkan seharusnya harus lebih waspada lagi” ujar dr. Didi Asran.

Sementara, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Sulbar, Safaruddin yang dihubungi via telpon mengaku tak terlalu kaget dengan peningkatan jumlah positiv covid. Meski telah dimasifkan sosialisasi, imbauan dan langkah langkah pencegahan dan penangkalan.

Tetapi suasana pasca gempa, sebut Safaruddin membuat potensi penyebaran virus memang semakin terbuka. Apalagi, masyarakat seakan tak lagi menggubris akan bahaya dari virus corona.

“Sekarang karena situasi sudah mulai agak tenang, saya harap masyarakat mulai kembali disiplin. Sebab bagaimana pun, kalau tak ada disiplin masyarakat menerapkan protokoler kesehatan susah untuk menahan laju positiv covid. Hilangkan sikap menganggap remeh covid. Jaga keselamatan diri kita, keluarga dan orang lain. Sebelum ini bertambah parah, selain 3 T, kunci memutus mata rantai penyebaran covid adalah 3 M” tegas Safaruddin.

Selain itu, untuk memutus mata rantai Covid-19 harus tetap memperhatikan 3 M (mencuci tangan, memakai masker , menghindari kerumunan).

“Jumlah covid-19 semakin meningkat, protokol kesehatan harus tetap dijalankan, dan tidak boleh diabaikan,” tandasnya.(Adv/hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mengaku Salah, Gubernur Diminta Proses Pencopotan Kadispora Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Provinsi Sulbar, menindaklanjuti tuntutan yang telah disodorkan dalam gerakan aksi 2 Agustus 2021, diantaranya pencopotan, Kadispora Sulbar dan Kabid Kepemudaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Aliansi, Sofliadi. Berdasarkan pertemuan massa aksi yang difasilitasi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi yang juga dihadiri pihak Komisi IV, menghadirkan Kadispora Sulbar […]

Bagikan

11 Pejabat Dirotasi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 pejabat administrator dilingkungannya, Jumat (06/08/2021). Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, M Muflih B Fattah mengatakan, rotasi jabatan di lingkup Kemenag Sulbar memang harus dilakukan karena tuntutan organisasi. Hal itu juga sebagai bentuk penyegaran bagi pejabat ditempat mereka yang […]

Bagikan

Permudah Nelayan, DPK Mateng Ciptakan Aplikasi Penangkap Ikan

Deskriptif.co.id, Mamuju Tengah – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah (Mateng), temukan terobosan baru ciptakan aplikasi pendeteksi ikan guna mempermudah penangkapan ikan bagi nelayan di laut. I Made Kardiana, merupakan sosok yang mempelopori pembuatan aplikasi itu, juga sekaligus Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Mateng, menuturkan, aplikasi itu bernama Pamekang berasal dari bahasa Mamuju […]

Bagikan

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan