Pemkab Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi menghadiri dan sekaligus membuka kegiatan konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Ranwal RKPD) 2022 yang berlangsung pada hari Senin (1/3/2021).

Bupati Mamuju, Hj. Sitti Sutinah Suhardi memaparkan Isu Strategis, Tema dan Prioritas Pembangunan di tahun 2022 nanti. Penyusunan RKPD harus sesuai dengan kebutuhan Mamuju saat ini, dalam masa pemulihan pasca bencana gempa 6,2 SR, juga sekaligus menampung visi misi Tina – Ado.

“Tema RKPD tahun 2022 adalah Pemulihan Ekonomi Melalui Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Dasar dan Pengembangan Potensi Lokal, yang disimpulkan dari rumusan Isu Strategis,” terang Sutinah.

Lanjutnya, dari tema yang dipaparkan Sutinah, dijelaskan lima prioritas pembangunan untuk tahun 2022 yaitu peningkatan ketahanan ekonomi; peningkatan infrastruktur dasar; pengelolaan SDM; peningkatan tata kelola dan kualitas pelayanan publik; serta peningkatan kualitas lingkungan hidup dan mitigasi bencana.

Di dalam kegiatan yang dilakukan secara video conference ini, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulbar, Muhammad Bugie, turut memberikan gambaran tentang kondisi ekonomi Mamuju yang diprediksikan akan tumbuh positif dengan beberapa syarat yakni pengendalian Covid 19 dengan vaksin; pembangunan pasca gempa dan pemulihan dengan dilakukannya percepatan realisasi anggaran untuk pembangunan; serta subsidi dan bantuan pemerintah untuk masyarakat.

“Ada tiga hal yang kami harapkan dari pemerintah, yaitu stabilisasi harga dengan melaksanakan pasar murah; diversifikasi konsumsi bahan makanan, dan konektifitas dengan pembangunan infrastruktur yang tahan bencana; serta dukungan sektor usaha dengan perbaikan lahan dan sarana penunjang” terang Muhammad Bugie.

Sementara Wakil Bupati, Ado Mas’ud, menyampaikan pentingnya melakukan riset sebelum menyusun program kegiatan agar program yang dilaksanakan nanti tepat sasaran dan tidak terjadi pemborosan anggaran, “Pola kerja kita bukan hanya kerja cepat, tapi juga kerja cerdas. Syaratnya adalah dengan riset” ungkapnya.

Ado optimis dalam waktu akan datang Mamuju dapat memaksimalkan potensinya selama koordinasi dan komunikasi antarlembaga vertikal maupun Pemerintah Provinsi Sulbar dilakukan dengan baik, dan melalui forum konsultasi publik tersebut beliau mengharapkan masukan dari akademisi, legislatif, NGO, media dan organisasi lain demi tercapainya pembangunan yang lebih baik.(Adv/hn)

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan

BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Menyerahkan Jaminan Kematian Prajurit TNI AD

MAMUJU, Suwarta.com – BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Barat kembali menyerahkan santunan Jaminan kematian sebesar Rp 42 juta kepada Ny. Mariana istri Almarhum Serma Hasan anggota Kodim 1418/Mamuju yang meninggal beberapa hari yang lalu. Penyerahan santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan dilaksanakan dikediaman Almarhum Serma Hasan di jalan Angsa Lingkungan Padang Baka Mamuju. Jumat, (2 /7/21). Danrem 142/Tatag […]

Bagikan

Ditunjang Sarana, Prajurit Korem 142/Tatag Aktif Olahraga

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, “Mens sana in corpore sano” hal ini sejalan dengan aktifitas yang dilakukan oleh Personel Korem 142/Tatag sebelum memulai kegiatan diawali dengan olahraga pagi, ini dilakukan setiap hari guna menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas. Ditunjang dengan fasilitas sarana olahraga yang sangat memadai misalnya, Lapangan bola, […]

Bagikan

ABM Angkat Bicara Soal Dinamika Musorprov KONI

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Pelaksanaan musyawarah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar yang berakhir Deadlock, dimana pencalonan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar sebagai kandidat satu-satunya mendapat protes. Menanggapi hal tersebut, nomor satu Sulbar tersebut mengungkapkan bahwa dinamika pelaksanaan Musorprov Koni Sulawesi Barat, dirinya secara pribadi yang telah ditetapkan oleh Tim Penjaringan Pendaftaran Calon Ketua yang ditangani […]

Bagikan