Direktur GTK : Guru Harus Thinking Out Of The Box

Direktur GTK : Guru Harus Thinking Out Of The Box

WONOMULYO, Deskriptif.co.id – Thinking Out Of The Box yang bisa dimaknai dengan berfikir kreatif merupakan suatu keharusan oleh seorang guru dalam melaksanakan pendidikan di Indonesia.

Hal itu, diungkapkan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag RI, Muhammad Zain Saat memberikan testimoni sebagai Alumni MAN 1 Polewali Mandar dalam bingkai (dulu, kini dan masa depan ) pada Acara Peresmian Gedung Asrama Terpadu Madrasah Aliyah Negeri 1 Polewali Mandar. (13/03/21).

“Dulu di hamparan ini, belum ada pagar sehingga sapi begitu bebas kesana kemari dan pemandangan seperti ini adalah hal biasa bagi para siswa ( i ) di kala itu bahkan kami bersahabat dengan mereka serta mengiringi setiap proses belajar dan mengajar di madrasah ini,” urai Zain mengenang masa-masa waktu ia sekolah di man polmas ketika itu.

Lanjutnya, setiap guru harus memiliki cara berfikir yang kreatif dalam menghadapi tantangan zaman.

“Bahwa setiap guru itu harus memiliki cara berfikir out of the box dalam mendidik dan memajukan sebuah Madrasah/Sekolah,” tambahnya.

Zain juga mengungkapkan dirinya tidak ingin kalau setiap guru hanya berpatokan pada kurikulum saja dalam mendidik siswa.

“Dibutuhkan pendidikan transformatif dalam membuat sebuah perubahan, dengan adanya sistem pendidikan transformatif, MAN 1 Polewali mandar akan lebih mudah mengalami perubahan ke arah yang lebih baik,” ungkap mantan ketua umum senat Fak. Ushuluddin IAIN Makassar ini penuh semangat.

“Jika hal demikian terjadi, maka sekolah MAN ini akan menjadi trendsetter oleh lembaga pendidikan yang akan mengangkat nama baik Polewali Mandar bahkan Provinsi Sulawesi barat. Sebab menurutnya, cara terbaik memperkenalkan sebuah daerah yaitu dengan memajukan kualitas pendidikan di daerah tersebut dan sebuah kota tidaklah layak dikenang kecuali di kota tersebut ada lembaga pendidikan terbaik,” urainya.

Selain itu, dirinya juga memberikan contoh sebuah negara yang memiliki pendidikan yang bisa menjadi pedoman

“Seperti Kairo Mesir sangat termasyhur karena memiliki Universitas al-Azhar, London, U.K karena memiliki Oxford University, Leiden Belanda karena memiliki Leiden University, Massachussets karena memiliki Harvard University dan MIT dan Los Angeles karena memiliki UCLA ( University of California),” ujarnya.

“Suguhan yang sungguh membuat kami termotivasi dan perenungan bagi setiap orang tua atas testimoni singkat dari pak direktur, signal kuat untuk terus belajar dan belajar,” tutupnya. (Mrl/hn).

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.