Kabar Gembira Bagi Petani, Harga TBS Naik Signifikan

Kabar Gembira Bagi Petani, Harga TBS Naik Signifikan

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Kabar gembira bagi petani sawit pada bulan ini, karena harga Tandan Buah Segar (TBS) yang ditetapkan tim naik signifikan, Kamis 18 Maret.

Kenaikan tersebut setelah tim penetapan bersama komisi II DPRD Sulbar melakukan kunjungan ke Palu untuk melihat tim TBS Palu menetapkan harga.

Kadis Perkebunan Sulbar Abdul Waris Bestari mengatakan tim telah melakukan kunjungan ke Palu untuk melihat penerapan yang digunakan dalam menetapkan harga.

“Makanya hari ini kita laksanakan penetapan, namun sayangnya tidak ada satupun perwakilan perusahaan yang hadir dan beberapa sudah menyerahkan invoicenya,” kata Waris saat membuka acara.

Lanjutnya, dalam penetapan harga TBS dengan data yang diserahkan perusahaan mengalami kenaikan dari penetapan sebelumnya.

“Harga TBS yang ditetapkan sebesar Rp1.837,96 sebelumnya harga berada diangka Rp1.000 an, bulan ini dengan indeks “K” yang disepakati 83,00 persen maka harga naik signifikan. Semoga ini semakin baik kedepan,” tambahnya.

Sedangkan, Asisten II Bidang ekonomi dan Pembangunan Pemprov Sulbar Junda Maulana menyampaikan perlunya penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam setiap penetapan harga TBS.

“Sangat jelas ada Permentan yang menjadi pedoman, itu yang harus diterapkan karena terlalu ribet setiap penetapan mulai dari pemerintah banyak melanggar seperti sekarang Perkebunan Kabupaten tidak ada hadir padahal mereka paling dekat dengan petani dan perusahaan,” ujar Junda.

Junda juga mengungkapkan begitupun perusahaan selalu tidak mengikuti aturan, padahal tim dibentuk semua terlibat di dalamnya baik perusahaan, petani, asosiasi, dan pemerintah.

“Makanya SOP harus diterapkan yang melanggar aturan yang diberlakukan harus diberikan sanksi seperti teguran sampai mengeluarkan rekomendasi,” bebernya.

Pada akhir pertemuan tim TBS melaksanakan via zoom bersama perusahaan maupun asosiasi. Sehingga direkomendasikan akan dilaksanakan via zoom untuk penetapan harga TBS kedepan, namun belum disepakati.(hn)

Adapun beberapa hasil yang ditetapkan tim TBS diantaranya :
– Besar Indeks “K” yang disepakati 83,00 persen
– Harga rata-rata penjualan CPO Rp9.105,00
– Harga rata-rata penjualan inti Sawit Rp5.042,00
– Harga TBS 1.837,96 Rupiah

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *