Kabar Gembira Bagi Petani, Harga TBS Naik Signifikan

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Kabar gembira bagi petani sawit pada bulan ini, karena harga Tandan Buah Segar (TBS) yang ditetapkan tim naik signifikan, Kamis 18 Maret.

Kenaikan tersebut setelah tim penetapan bersama komisi II DPRD Sulbar melakukan kunjungan ke Palu untuk melihat tim TBS Palu menetapkan harga.

Kadis Perkebunan Sulbar Abdul Waris Bestari mengatakan tim telah melakukan kunjungan ke Palu untuk melihat penerapan yang digunakan dalam menetapkan harga.

“Makanya hari ini kita laksanakan penetapan, namun sayangnya tidak ada satupun perwakilan perusahaan yang hadir dan beberapa sudah menyerahkan invoicenya,” kata Waris saat membuka acara.

Lanjutnya, dalam penetapan harga TBS dengan data yang diserahkan perusahaan mengalami kenaikan dari penetapan sebelumnya.

“Harga TBS yang ditetapkan sebesar Rp1.837,96 sebelumnya harga berada diangka Rp1.000 an, bulan ini dengan indeks “K” yang disepakati 83,00 persen maka harga naik signifikan. Semoga ini semakin baik kedepan,” tambahnya.

Sedangkan, Asisten II Bidang ekonomi dan Pembangunan Pemprov Sulbar Junda Maulana menyampaikan perlunya penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam setiap penetapan harga TBS.

“Sangat jelas ada Permentan yang menjadi pedoman, itu yang harus diterapkan karena terlalu ribet setiap penetapan mulai dari pemerintah banyak melanggar seperti sekarang Perkebunan Kabupaten tidak ada hadir padahal mereka paling dekat dengan petani dan perusahaan,” ujar Junda.

Junda juga mengungkapkan begitupun perusahaan selalu tidak mengikuti aturan, padahal tim dibentuk semua terlibat di dalamnya baik perusahaan, petani, asosiasi, dan pemerintah.

“Makanya SOP harus diterapkan yang melanggar aturan yang diberlakukan harus diberikan sanksi seperti teguran sampai mengeluarkan rekomendasi,” bebernya.

Pada akhir pertemuan tim TBS melaksanakan via zoom bersama perusahaan maupun asosiasi. Sehingga direkomendasikan akan dilaksanakan via zoom untuk penetapan harga TBS kedepan, namun belum disepakati.(hn)

Adapun beberapa hasil yang ditetapkan tim TBS diantaranya :
– Besar Indeks “K” yang disepakati 83,00 persen
– Harga rata-rata penjualan CPO Rp9.105,00
– Harga rata-rata penjualan inti Sawit Rp5.042,00
– Harga TBS 1.837,96 Rupiah

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan

BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Menyerahkan Jaminan Kematian Prajurit TNI AD

MAMUJU, Suwarta.com – BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Barat kembali menyerahkan santunan Jaminan kematian sebesar Rp 42 juta kepada Ny. Mariana istri Almarhum Serma Hasan anggota Kodim 1418/Mamuju yang meninggal beberapa hari yang lalu. Penyerahan santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan dilaksanakan dikediaman Almarhum Serma Hasan di jalan Angsa Lingkungan Padang Baka Mamuju. Jumat, (2 /7/21). Danrem 142/Tatag […]

Bagikan

Ditunjang Sarana, Prajurit Korem 142/Tatag Aktif Olahraga

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, “Mens sana in corpore sano” hal ini sejalan dengan aktifitas yang dilakukan oleh Personel Korem 142/Tatag sebelum memulai kegiatan diawali dengan olahraga pagi, ini dilakukan setiap hari guna menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas. Ditunjang dengan fasilitas sarana olahraga yang sangat memadai misalnya, Lapangan bola, […]

Bagikan

ABM Angkat Bicara Soal Dinamika Musorprov KONI

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Pelaksanaan musyawarah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar yang berakhir Deadlock, dimana pencalonan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar sebagai kandidat satu-satunya mendapat protes. Menanggapi hal tersebut, nomor satu Sulbar tersebut mengungkapkan bahwa dinamika pelaksanaan Musorprov Koni Sulawesi Barat, dirinya secara pribadi yang telah ditetapkan oleh Tim Penjaringan Pendaftaran Calon Ketua yang ditangani […]

Bagikan