Segala Harapan Kakanwil Untuk MUI Sulbar

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Kerjasama atau sinergi antara pemerintah dan ulama penting dilakukan, karena pemerintah dan ulama dalam hal ini Majelis Ulama Indonesia memiliki peranan penting dalam membangun sebuah bangsa dan negara yang bermartabat sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat, H. M. Muflih B. Fattah saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Musyawarah Daerah III Tahun 2021 Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sulawesi Barat, Jumat (26/03).

Dalam kesempatan tersebut H. M. Muflih mengapresiasi kinerja pengurus MUI masa khidmat 2015-2020 yang telah bekerja secara profesional dan mampu melakukan berbagai program dalam mengayomi umat islam di Sulawesi Barat.

“MUI merupakan tempat berkumpulnya cendekiawan muslim bertugas mengayomi umat, memberikan fatwa kepada umat supaya umat tetap tenang dan paham terhadap ajaran agama,” kata Muflih.

Lanjutnya, dengan paradigma dasar MUI yakni himayatul ummah (pelindung umat), khadimul ummah (pelayan umat) dan Shodiqul Hukumah (mitra pemerintah) akan bisa mencapai setiap harapan pendiri bangsa.

“Kami yakin pemerintah dan MUI dengan bergandengan tangan bisa mewujudkan cita-cita pendiri bangsa ini,” tambahnya.

Muflih juga mengungkapkan empat harapan kepada MUI diantaranya sebagai wadah musyawarah para cendekiawan muslim untuk membahas dan memutuskan berbagai agenda MUI untuk umat dan untuk bangsa dengan inti UMAT RUKUN INDONESIA MAJU. Kedua, Wadah ini bisa digunakan sebagai forum konsolidasi dalam memperkuat peran dan sumbangsih MUI dalam kehidupan keagamaan dan kemasyarakatan serta kebangsaan.

Ketiga, menjadi forum penyerapan aspirasi umat islam dan respon ulama mengenai masalah-masalah keorganisasian, keagamaan, kemasyarakatan dan kebangsaan. Keempat, menjadi forum silaturahmi antara komponen umat dalam rangka meningkatkan partisipasi umat dalam kehidupan keagamaan, kemasyarakatan dan kebangsaan,” ungkap Muflih.

Dalam acara tersebut hadir secara istimewa Dr. KH. Marsudi Syuhud selaku Wakil Ketua Umum MUI 2 dan juga selaku Ketua PBNU Pusat didampingi Wasekjen MUI Arif Fahrudin.

Selain itu hadir pula FORKOPIMDA Sulbar, pimpinan Cabang MUI Kabupaten se-Sulawesi barat, para Alim Ulama dan Cendikiawan muslim se-sulawesi barat serta Pimpinan pengurus Ormas se-Sulawesi Barat.

Diakhir acara Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulbar kini dipimpin Dr. KH. Napis Djuaeni, M.A. yang merupakan mantan rektor STAIN Majene.(hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mengaku Salah, Gubernur Diminta Proses Pencopotan Kadispora Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Provinsi Sulbar, menindaklanjuti tuntutan yang telah disodorkan dalam gerakan aksi 2 Agustus 2021, diantaranya pencopotan, Kadispora Sulbar dan Kabid Kepemudaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Aliansi, Sofliadi. Berdasarkan pertemuan massa aksi yang difasilitasi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi yang juga dihadiri pihak Komisi IV, menghadirkan Kadispora Sulbar […]

Bagikan

11 Pejabat Dirotasi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 pejabat administrator dilingkungannya, Jumat (06/08/2021). Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, M Muflih B Fattah mengatakan, rotasi jabatan di lingkup Kemenag Sulbar memang harus dilakukan karena tuntutan organisasi. Hal itu juga sebagai bentuk penyegaran bagi pejabat ditempat mereka yang […]

Bagikan

Permudah Nelayan, DPK Mateng Ciptakan Aplikasi Penangkap Ikan

Deskriptif.co.id, Mamuju Tengah – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah (Mateng), temukan terobosan baru ciptakan aplikasi pendeteksi ikan guna mempermudah penangkapan ikan bagi nelayan di laut. I Made Kardiana, merupakan sosok yang mempelopori pembuatan aplikasi itu, juga sekaligus Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Mateng, menuturkan, aplikasi itu bernama Pamekang berasal dari bahasa Mamuju […]

Bagikan

Kasipers Korem 142/Tatag : Tugas Kedepan Harus Lebih Profesional

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Kasilog Korem 142/Tatag Kolonel Czi Bambang bertindak selaku Irup pada upacara Bendera mingguan di Korem 142/Tatag. Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan pengecekan personel oleh Kasipers Korem 142/Tatag Kolonel Inf. Masrief di lapangan apel Korem 142/Tatag. Senin (24/05/21) Kasipersonalia Korem 142/Tatag Kolonel Inf Masrief dalam arahannya lebih menekankan kebijakan Pimpinan TNI AD tentang kesejahteraan […]

Bagikan