Pemkab Bantu Bayi Gifari Pradipta

Pemkab Bantu Bayi Gifari Pradipta

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Pemerintah kabupaten Mamuju membantu bayi bernama Gifari Pradipta yang mengalami gizi buruk, yang merupakan putra dari pasangan Madi dan Amidia yang beralamat lingkungan galung timur, kecamatan tapalang, Senin 29 Maret 2021.

Melalui dinas kesehatan dan juga dinas sosial langsung mengunjungi kediaman Gifari dalam upaya memberikan bantuan berupa konseling dan layanan kesehatan oleh dinas kesehatan melalui PKM setempat, serta pemberian bantuan pangan berupa sembako bagi keluarga Gifari oleh dinas sosial.

Terkonfirmasi, kepala seksi kesehatan keluarga dan gizi dinas kesehatan kabupaten mamuju, Rafaela Tandi Panggalo, menerangkan, saat ini intervensi kesehatan terbaik adalah dengan konseling terhadap ibu Gifari agar yang bersangkutan lebih aktif dalam pemberian ASI.

“Perlu diberikan tata laksana gizi buruk terhadap anak tersebut, selain itu perlu pendampingan serta dukungan terhadap ibu dan keluarganya,” kata Rafaela.

Lanjutnya, kondisi bayi Gifari yang saat ini hanya memiliki berat 1,8 kg, sebenarnya sejak kelahiran yang dibantu oleh bidan di puskesmas tidak memiliki riwayat sakit, namun berangsur berat badannya menurun, dan hal itu tidak dapat terpantau akibat orang tuanya tidak pernah membawa anaknya ke puskesmas sebagaimana bayi pada umumnya yang rutin melakukan imunisasi.

“Upaya jemput bola juga diakui telah dilakukan dengan mengunjungi kediaman Gifari, namun tidak membuahkan hasil karena orang tua yang bersangkutan tidak ada dirumah. Namun demikian atas kondisi ini, pihak Dinkes melalui puskesmas tapalang, memaklumi kondisi orang tua Gifari yang sehari-hari harus bekerja diluar demi mencukupi kebutuhan keluarganya,” tambahnya.

Sebab itu, intervensi terhadap penanganan bayi Gifari akan terus dilakukan dengan pelibatan kader posyandu yang akan tetap melakukan pengawasan terhadap perkembangan Gifari, namun sebelum itu, ia akan dirujuk ke RS untuk mendapatkan penanganan intensif, sembari pembuatan kartu layanan kesehatannya akan di fasilitasi bersama dinas Sosial kabupaten mamuju.

Terpisah, kepala dinas sosial kabupaten mamuju Lutfi Muis, yang bertandang ke kediaman Gifari menyampaikan rasa prihatin atas kondisi bayi tersebut, ia bersama jajaran dinas sosial memberikan bantuan pangan berupa lima karung beras, mie instan, minyak goreng dan sejumlah kebutuhan lainnya.

“Mudah-mudahan bantuan ini dapat sedikit meringankan beban Gifari dan keluarganya, sehingga orang tuanya juga bisa lebih mudah dalam merawat Gifari agar lekas pulih,” ujarnya.

“Mengenai BPJS yang bersangkutan, kita sudah berkoordinasi dengan sekcam tapalang dan lurahnya agar segera membantu melengkapi berkas berupa photo copy KTP dan KK yang bersangkutan untuk segera dibawa ke dinsos, agar keluarga Gifari dapat menerima pelayanan kesehatan secara gratis,” pungkas Lutfi Muis.(Adv/hn)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.