Dari Mamuju Dimulai Percepatan KLA

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Sampai saat ini belum adanya satu kabupaten di Sulbar mendapat predikat kabupaten layak anak (KLA), namun optimisme dimulai dari kabupaten Mamuju untuk mendapat predikat tersebut.

Hal tersebut, disampaikan  Kepala dinas pemberdayaan perempuan,perlindungan anak, pengendalian penduduk dan KB (P3AP2KB) Hj. Djamila, dirinya mengatakan pihaknya menargetkan tahun depan adanya kabupaten yang mengantongi predikat KLA.

“Kita optimis tahun mendatang akan “pecah telur”, yang ditandai kabupaten layak anak akan disandang oleh kabupaten di Sulbar,” kata Djamila.

Lanjutnya, dalam mewujudkan target tersebut diperlukan kerja bersama dan pemerintah daerah harus menjadi motor dengan menyiapkan sejumlah prasyarat.

“Seperti Adanya peraturan/kebijakan daerah tengang KLA, Persentase anggaran yang di alokasikan untuk KLA, Sumber daya terlatih konvensi hak anak, Keterlibatan forum anak
/ kelompok anak, Kemitraan antar OPD dalam pengembangan KLA, Keterlibatan lembaga dalam masyatakat dalam KLA, kemitraab dengan dunia usaha dalam KLA, Kemitraan dengan Media dalam KLA dan Inovasi dalam KLA,” tambahnya.

Sebelumnya, Djamila mengungkapkan, pentingnya daerah layak anak, karena lebih dari 30 persen penduduk indonesia adalah usia anak, yang sudah barang tentu membutuhkan pendampingan dalam tumbuh kembangnya, demi masa depan generasi selanjutnya.

Sementara itu, sekretaris daerah kabupaten mamuju H. Suaib mengungkapkan, untuk meraih predikat kabupaten layak anak, mamuju telah pada jalur yang benar, pasalnya di tahun 2019 daerah ini telah meraih penghargaan sebagai daerah yang berhasil menurunkan pernikahan usia anak, juga meraih predikat yang sama untuk sekolah ramah anak yang diterima oleh MTS mamuju.

“Jadi secara teoritis kita sebenarnya telah berada dijalur yang benar, tinggal bagaimana membangun komitmen bersama semua pihak untuk memperbaiki apa yang harusnya diperbaiki untuk mewujudkan kabupaten layak anak,” ungkapnya.

Kegiatan evaluasi percepatan kabupaten layak anak yang dilangsungkan di kantor bupati sementara (sapota), pada kamis, 1 april 2020, juga di warnai dengan penandatanganan komitmen bersama, oleh tim penggerak PKK kabupaten mamuju, hingga tim penggerak PKK kecamatan dan desa, diketahui pemerintah provinsi sulawesi barat oleh kadis P3AP2KB, bersama pemerintah kabupaten mamuju oleh kadis P3A kabupaten mamuju, serta sekretaris daerah kabupaten Mamuju.(Adv/hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan

BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Menyerahkan Jaminan Kematian Prajurit TNI AD

MAMUJU, Suwarta.com – BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Barat kembali menyerahkan santunan Jaminan kematian sebesar Rp 42 juta kepada Ny. Mariana istri Almarhum Serma Hasan anggota Kodim 1418/Mamuju yang meninggal beberapa hari yang lalu. Penyerahan santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan dilaksanakan dikediaman Almarhum Serma Hasan di jalan Angsa Lingkungan Padang Baka Mamuju. Jumat, (2 /7/21). Danrem 142/Tatag […]

Bagikan

Ditunjang Sarana, Prajurit Korem 142/Tatag Aktif Olahraga

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, “Mens sana in corpore sano” hal ini sejalan dengan aktifitas yang dilakukan oleh Personel Korem 142/Tatag sebelum memulai kegiatan diawali dengan olahraga pagi, ini dilakukan setiap hari guna menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas. Ditunjang dengan fasilitas sarana olahraga yang sangat memadai misalnya, Lapangan bola, […]

Bagikan

ABM Angkat Bicara Soal Dinamika Musorprov KONI

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Pelaksanaan musyawarah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar yang berakhir Deadlock, dimana pencalonan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar sebagai kandidat satu-satunya mendapat protes. Menanggapi hal tersebut, nomor satu Sulbar tersebut mengungkapkan bahwa dinamika pelaksanaan Musorprov Koni Sulawesi Barat, dirinya secara pribadi yang telah ditetapkan oleh Tim Penjaringan Pendaftaran Calon Ketua yang ditangani […]

Bagikan