Kunjungi Lapas, PELKESI dan PKBI Berikan Trauma Healing

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Persekutuan Pelayanan Kristen untuk Kesehatan di Indonesia (PELKESI) bekerja sama dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) serta Pokja Kesehatan dari Satgas Penanggulangan dan Rehabilitasi/Rekonstruksi Pasca Bencana Gempa Kabupaten Mamuju melakukan kunjungan ke warga Lapas Rutan Kelas II B Mamuju, Kamis 1 April 2021.

Dalam kunjungannya rombongan tersebut menyelenggarakan senam dan pemeriksaaan kesehatan bagi 220 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas II B Mamuju.

Sebelum senam berlangsung, sebanyak 139 orang napi dan 81 orang tahanan dikumpulkan di lapangan Rutan untuk diberi arahan oleh Kepala Rutan, I Gusti Lanang, A.C.P dan diberikan baju seragam sesuai dengan kelas masing-masing.

Bersama instruktur dari PELKESI, WBP tidak hanya diberi latihan kesehatan seperti biasa, tapi juga latihan pernapasan sebagai bentuk penanggulangan jika ada yang tertular Covid-19 sekaligus sebagai trauma healing bagi tahanan dan napi. Para WBP tampak antusias karena menganggap ini sebagai hiburan.

Menurut Ramli, salah seorang WBP, ia merasakan efek yang baik terlebih karena para penghuni rutan termasuk korban gempa 6,2 SR lalu. Mengikuti kegiatan seperti ini, menurutnya dapat menghilangkan stres dan menambah pengetahuan kesehatan.

“Senam ini seperti ada terapi, melatih pernapasan untuk penanggulangan Covid dan otot-otot. Ini lebih bagus daripada senam biasa. Kalau bisa setiap minggu diadakan, pemeriksaan kesehatannya juga.” ucap salah satu WBP, Ir. Chandra, setelah diperiksa oleh tenaga kesehatan dari PKBI.

Kegiatan trauma healing di Rutan Kelas II B Mamuju ini adalah yang kedua kalinya. Untuk ke depannya PELKESI dan PKBI masih akan melakukan kegiatan serupa bagi masyarakat di daerah lain yang terdampak gempa 15 Januari lalu.(Adv/hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan

BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Menyerahkan Jaminan Kematian Prajurit TNI AD

MAMUJU, Suwarta.com – BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Barat kembali menyerahkan santunan Jaminan kematian sebesar Rp 42 juta kepada Ny. Mariana istri Almarhum Serma Hasan anggota Kodim 1418/Mamuju yang meninggal beberapa hari yang lalu. Penyerahan santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan dilaksanakan dikediaman Almarhum Serma Hasan di jalan Angsa Lingkungan Padang Baka Mamuju. Jumat, (2 /7/21). Danrem 142/Tatag […]

Bagikan

Ditunjang Sarana, Prajurit Korem 142/Tatag Aktif Olahraga

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, “Mens sana in corpore sano” hal ini sejalan dengan aktifitas yang dilakukan oleh Personel Korem 142/Tatag sebelum memulai kegiatan diawali dengan olahraga pagi, ini dilakukan setiap hari guna menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas. Ditunjang dengan fasilitas sarana olahraga yang sangat memadai misalnya, Lapangan bola, […]

Bagikan

ABM Angkat Bicara Soal Dinamika Musorprov KONI

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Pelaksanaan musyawarah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar yang berakhir Deadlock, dimana pencalonan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar sebagai kandidat satu-satunya mendapat protes. Menanggapi hal tersebut, nomor satu Sulbar tersebut mengungkapkan bahwa dinamika pelaksanaan Musorprov Koni Sulawesi Barat, dirinya secara pribadi yang telah ditetapkan oleh Tim Penjaringan Pendaftaran Calon Ketua yang ditangani […]

Bagikan