Tingkatkan Produksi, Petani Jagung Akan Dilatih Dengan Menggunakan Tekhnologi

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Pelaksanaan kegiatan diseminasi teknologi yang dilaksanakan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulbar dimulai di Mamuju.

Hal tersebut, disampaikan Pj. Kegiatan Desiminasi Teknologi BPTP Sulbar, Marwayanti Nas mengatakan para petani akan dilatih dengan tiga metode diantaranya petani Maju, Mandiri dan Modern.

“Petani akan dilatih dengan tekhnologi sehingga produksi jagungnya meningkat,” kata Marwayanti, Senin 5 April 2021.

Lanjutnya, tekhnologi yang digunakan sudah dilakukan by riset, seperti yang dilakukan di provinsi lainnya dan berhasil mengalami peningkatan produksi jagungnya.

“Jadi target kita kalau selama ini petani menghasilkan 3 ton, dengan menggunakan tekhnologi bisa mencapai 7 ton,” tambahnya.

Sedangkan, Fasilitator Petani Swadaya (FP2S) Sulbar, Abd. Wahab mengungkapkan kegiatan ini merupakan program kementerian pertanian dengan melibatkan semua elemen pemerintahan.

“Bukan hanya petani yang dilatih, melainkan para pendamping juga dilatih dengan menggunakan tekhnologi. Semua akan terlibat mulai dari pemerintah sampai perbankan dari segi bantuan modal,” beber Abd. Wahab.

Selain itu, untuk kabupaten Mamuju sendiri calon petani dan calon lahan itu kurang lebih 10.000 hektare yang tersebar di beberapa kecamatan, dimana yang paling banyak di Papalang, Sampaga dan Tommo.

“Jadi fokus ke Jagung untuk meningkatkan produksi agar bisa memenuhi kebutuhan diluar Sulbar, dimana selama ini Sulbar hanya bisa mampu 10 persen menyuplai kebutuhan diluar. Jadi dengan langkah ini sesuai program Kementerian para petani bisa semakin sejahtera ke depan,” tandasnya.(hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan

BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Menyerahkan Jaminan Kematian Prajurit TNI AD

MAMUJU, Suwarta.com – BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Barat kembali menyerahkan santunan Jaminan kematian sebesar Rp 42 juta kepada Ny. Mariana istri Almarhum Serma Hasan anggota Kodim 1418/Mamuju yang meninggal beberapa hari yang lalu. Penyerahan santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan dilaksanakan dikediaman Almarhum Serma Hasan di jalan Angsa Lingkungan Padang Baka Mamuju. Jumat, (2 /7/21). Danrem 142/Tatag […]

Bagikan

Ditunjang Sarana, Prajurit Korem 142/Tatag Aktif Olahraga

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, “Mens sana in corpore sano” hal ini sejalan dengan aktifitas yang dilakukan oleh Personel Korem 142/Tatag sebelum memulai kegiatan diawali dengan olahraga pagi, ini dilakukan setiap hari guna menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas. Ditunjang dengan fasilitas sarana olahraga yang sangat memadai misalnya, Lapangan bola, […]

Bagikan

ABM Angkat Bicara Soal Dinamika Musorprov KONI

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Pelaksanaan musyawarah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar yang berakhir Deadlock, dimana pencalonan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar sebagai kandidat satu-satunya mendapat protes. Menanggapi hal tersebut, nomor satu Sulbar tersebut mengungkapkan bahwa dinamika pelaksanaan Musorprov Koni Sulawesi Barat, dirinya secara pribadi yang telah ditetapkan oleh Tim Penjaringan Pendaftaran Calon Ketua yang ditangani […]

Bagikan