Petani Keren Dikukuhkan, Bupati Harap Komoditas Jagung Mengalami Peningkatan Produksi

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi melakukan penanaman perdana Jagung benih kwalitas terbaik dan mengukuhkan Petani Keren Mamuju di Kecamatan Papalang, Selasa 6 April 2021.

Kegiatan tersebut ditandai dengan penandatanganan kerjasama dari Balitbangtan Sulbar, BI Sulbar, Dinas Pertanian Sulbar, Dinas Pertanian Mamuju, Bank Sulselbar, dan perusahaan swasta.

Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi mengatakan sangat bersyukur dengan terlaksananya kegiatan tersebut, karena adanya kolaborasi dari berbagai lembaga pemerintahan maupun perusahaan swarta dan Perbankan.

“Kita bersama dengan Balai fokus dulu ke Jagung, kalau berhasil tidak menutup kemungkinan akan menggarap komoditas lainnya,” kata Sutinah.

Lanjutnya, untuk pemanfaatan pengusaha lokal pihaknya akan menindaklanjuti agar bisa juga masuk memberikan andil dalam program pemerintah.

“Ini akan menjadi catatan penting kita bagi pengusaha lokal agar bisa ikut juga memberikan andil, apalagi para investasi yang ingin memajukan daerah akan kita selalu dukung,” tambahnya.

Sutinah juga menyampaikan untuk komoditas Jagung yang sementara digarap sudah tersistem mulai dari ketersediaan Pupuk, Peningkatan Produksi sampai bantuan modal sudah ditangani.

“Jadi petani tidak khawatir lagi jika panen tidak ada membeli, kita sudah siapkan pembelinya. Kita harap dengan adanya kegiatan ini petani keren Mamuju bisa mandir dan maju kedepan,” harapnya.

Sedangkan, Kepala BI Sulbar Budi Sudaryono menuturkan peran BI akan melakukan pendampingan kepada para petani Jagung Keren Mamuju.

“Kita memberikan pendampingan maupun pembinaan kepada kelompok petaninya. Kalau segi perbankannya kita hanya mempertemukan bank dan petani untuk pemberian modal,” tuturnya.

Selain itu, untuk Komoditas sendiri yang saat ini masih diatas di Sulbar yakni Sawit, dimana mengalami kenaikan. Sehingga pihaknya berharap Jagung juga bisa meningkat produksinya.

“Kami berharap dengan masa pasca gempa saat ini selain sawit, produksi Jagung yang sementara digarap bersama mengalami peningkatan,” tutupnya.(hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan

BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Menyerahkan Jaminan Kematian Prajurit TNI AD

MAMUJU, Suwarta.com – BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Barat kembali menyerahkan santunan Jaminan kematian sebesar Rp 42 juta kepada Ny. Mariana istri Almarhum Serma Hasan anggota Kodim 1418/Mamuju yang meninggal beberapa hari yang lalu. Penyerahan santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan dilaksanakan dikediaman Almarhum Serma Hasan di jalan Angsa Lingkungan Padang Baka Mamuju. Jumat, (2 /7/21). Danrem 142/Tatag […]

Bagikan

Ditunjang Sarana, Prajurit Korem 142/Tatag Aktif Olahraga

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, “Mens sana in corpore sano” hal ini sejalan dengan aktifitas yang dilakukan oleh Personel Korem 142/Tatag sebelum memulai kegiatan diawali dengan olahraga pagi, ini dilakukan setiap hari guna menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas. Ditunjang dengan fasilitas sarana olahraga yang sangat memadai misalnya, Lapangan bola, […]

Bagikan

ABM Angkat Bicara Soal Dinamika Musorprov KONI

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Pelaksanaan musyawarah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar yang berakhir Deadlock, dimana pencalonan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar sebagai kandidat satu-satunya mendapat protes. Menanggapi hal tersebut, nomor satu Sulbar tersebut mengungkapkan bahwa dinamika pelaksanaan Musorprov Koni Sulawesi Barat, dirinya secara pribadi yang telah ditetapkan oleh Tim Penjaringan Pendaftaran Calon Ketua yang ditangani […]

Bagikan