Kemenag Sulbar, Ujian SKB akan Lahirkan Calon ASN yang Berkualitas

Kemenag Sulbar, Ujian SKB akan Lahirkan Calon ASN yang Berkualitas

Mamuju, Deskriptif.co.id – Pada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kementerian Agama RI terdapat tiga komponen yang menjadi ujian, yaitu psikotes, praktek kerja dan wawancara kebangsaan. Seleksi itu dilaksanakan secara virtual atau online pada Minggu (05/12/2021).

 

Pelaksanaan SKB dimulai dari tanggal 5 hingga 9 Desember 2021 secara serentak di semua titik lokasi sesuai dengan domisili peserta CPNS. Jumlah keseluruhan peserta SKB Kanwil Kemenag Sulbar ada 27 orang. Pada formasi penyuluh Agama Buddha tidak diikuti peserta karena tidak peserta memenuhi standar passing grade.

 

Ada tiga titik lokasi (tilok) SKB di Sulbar, yaitu Kabupaten Mamuju 10 orang, Kabupaten Majene 3 orang, dan Kabupaten Polman 9 orang. Selebihnya peserta SKB berada di luar tilok Sulawesi Barat.

 

Pada hari pertama dan kedua tes SKB dimulai dengan praktek kerja, hari ketiga dan keempat untuk tes wawancara dan yang terakhir dilaksanakan psikotes untuk formasi dokter, pranata komputer, penyusun laporan keuangan, penyuluh agama islam, penyuluh agama Katolik, penyuluh agama Kristen, penyuluh agama Hindu dan penyuluh agama Buddha.

 

Untuk itu, Kakanwil Kemenag Sulbar, Muflih B Fattah berharap dalam penyeleksian ini bisa mendapat calon ASN yang memiliki kualitas dan kompetensi sesuai dengan formasi masing-masing.

 

“Kita berharap SKB ini mulai praktek kerja, wawancara dan psikotes bisa mendapatkan calon ASN yang punya kualitas dan berkompeten. Kita juga harapkan jangan ada pungutan-pungutan bagi calon-calon ASN lingkup Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Barat, karena kita harus mendapat calon ASN yang memiliki komitmen yang tinggi sebagai sumber daya manusia di instansi Kementerian Agama,” terang Muflih. (ril)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.