18 Tahun Sulbar Melalui Bingkai Foto dan Goresan Kanvas

18 Tahun Sulbar Melalui Bingkai Foto dan Goresan Kanvas

Deskriptif.co.id, Mamuju – Puluhan fotografer dan seniman perupa yang tergabung dalam komunitas Ini Sulbar menggelar pameran fotografi dan karya seni. Pameran dalam rangka memperingati 18 Tahun Sulbar itu mengambil tema ‘Sulbar di Mata Fotografer dan Seniman’.

Ratusan foto dan karya seni ditampilkan dalam pameran yang digelar di Marasa Corner Kompleks Kantor Gubernur Sulbar, Jumat (23/09/22). Karya yang ditampilkan merupakan hasil kurasi panitia dari ribuan karya yang dikirimkan oleh potografer dan seniman perupa.

Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik, mengapresiasi pameran yang digagas komunitas Ini Sulbar. Dia ingin terjadi kolaborasi pemerintah dengan seniman agar kegiatan pameran seni bisa berjalan secara berkala dan melibatkan masyarakat luas.

“Saya senang kegiatan seni begini. Saya tantang panitia untuk bisa melaksanakan kegiatan melukis bersama berskala besar,” kata Akmal.

Akmal menginginkan, kedepannya komunitas Ini Sulbar dapat memperkenalkan budaya fotografi dan melukis kepada peserta didik, mulai dari SD sampai SMA. Termasuk melaksanakan lomba-lomba fotografi dan melukis yang memperebutkan piala penjabat gubernur atau ketua DPRD Sulbar.

“Perlu ada stimulan kepada peserta didik terkait budaya lukis dan fotografi. Saya berencana nanti para pelukis dan fotografer kita ajak ke tempat-tempat eksotis di Sulbar, seperti di Nosu Mamasa,” terang Akmal.

Akmal bahkan siap untuk mendukung karya yang dihasilkan fotografer dan seniman perupa dalam bentuk pameran yang lebih besar. Dia akan siap membantu selama apa yang dihasilkan mampu memperkenalkan Sulbar di mata orang luar.

“Jika anggarannya memungkinkan kita bisa laksanakan pameran itu di Jakarta untuk lebih memperkenalkan Sulbar,” ujar Akmal.

Ketua DPRD Sulbar, Sitti Suraidah Suhardi mengajak semua pihak menjadikan pameran fotografi dan karya seni ini menjadi ruang kolaborasi dalam membangun Sulbar. Dia juga mengajak semua pihak untuk memanfaatkan ruang digitan guna memperkenalkan Sulbar kepada masyarakat luar.

“Ini jadi ajang promosi kita untuk menyampaikan keindahan Sulbar. Jadi teman-teman fotografer dan perupa rajin-rajinlah menshare karyanya  ke ruang-ruang digital,” tutup Suraidah. (ru)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.