DPRD Sulbar Dorong Percepatan Rehabilitasi Pasca Bencana

DPRD Sulbar Dorong Percepatan Rehabilitasi Pasca Bencana

Deskriptif.co.id, Mamuju – Pasca banjir dan longsor yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Mamuju dan Polman, upaya rehabilitasi mesti disegerakan.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sulbar Muhammad Hatta Kainang, Selasa (18/10/22). Menurutnya, BPBD Sulbar, Mamuju dam Polman mesti secepatnya mendesain dan menjalankan program rehabilitasi pasca bencana di daerah-daerah yang mengalami bencana baru-baru ini.

“Dan yang sangat penting adalah perbaikan permukiman, perbaikan jalan desa desa yang membuat dusun-dusun terisolir, ini penting karna wilayah yang terisolir adalah wilayah padat penduduk,” ucap Hatta.

Ia mencontohkan, kawasna-kawasan yangh mesti segera mendapat rehabilitasi diantaranya Desa Uhaimate, Sondoang, dan Pamulukang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju. Kemudian, di Kecamatan Tapango, Kabupaten Polman.

“Konsen untuk rehabilitasi pasca bencana ini sangat penting dalam pemenuhan hak hidup masyarakat, seperti rumah rusak, jalan yang rusak, serta fasilitas umum lainnya penting untuk dibenahi. Di sini dibutuhkan kolaborasi pemprov dna pemkab untuk proses pemulihan di daerah bencana,” ujar Hatta.

Untuk itu, ia meminta hal ini disegerakan dengan konsep yang jelas dan cepat. Langkah dini adalah mengerahkan alat alat berat untuk membuka badan jalan baru di kawasan-kawasan terkena bencana. (adv)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.