Disnaker Sukbar Bakal Laksanakan 13 Program Pelatihan Berbasis Kompetensi di 2024

Disnaker Sukbar Bakal Laksanakan 13 Program Pelatihan Berbasis Kompetensi di 2024

Deskriptif.co.id, Mamuju – Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Barat akan melakukan rekrutmen tenaga terampil se Sulawesi Barat. Terdapat 13 program keterampilan disiapakan untuk 416 orang calon tenaga terampil di 2024.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Barat Andi Farid Amri mengatakan pihaknya telah melakukan rapat internal bersama Balai Latihan Kerja di beberapa Kabupaten. Membahas terkait rencana digelarnya pelatihan untuk calon tenaga terampil se Sulbar.

“Ada 13 program yang kita siapkan dan masing-masing program akan menerima 16 calon tenaga terampil yang telah dinyatakan lolos sesuai syarat yang telah ditetapkan,”kata Andi Farid.

Rekrutmen calon tenaga terampil tersebut akan digelar di seluruh Balai Latihan Kerja di Sulawesi Barat, dibagi berdasarkan angkatan seperti angkatan pertama akan digelar di BLK Polewali Mandar , kemudian Angkatan kedua di BLK Majene, dan angkatan ketiga di SMK 1 Topoyo Mamuju Tengah, dan angkatan ke IV di BLK Sulbar Mamuju dan angkatan IX di SMK 1 Mamasa.

Untuk program pelatihan yang akan dibuka yaitu Tata Busana, Barista, Tata rias dan kecantikan, computer operator assistant (coa) Desan Grafis, Teknisi AC Residental, Teknik pengelasan, Tata rias kecantikan rambut/pangkas rambut/barber, Administrasi perkantoran, akuntansi junior, Processing pengelolaan hasil perikanan, Tata boga dan content creator.

“Ini kesempatan untuk seluruh masyarakat khusunya para muda-mudi di Sulbar memanfaatkan kesempatan ini. Apalagi ini gratis tanpa dipungut biaya,” kata Andi Farid.

Ia mengatakan, bagi seluruh masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran agar memperhatikan dengan baik syarat dan jadwal penerimaan yang akan dilakukan. Untuk persyaratan yang harus dipenuhi yaitu Pria wanita berusia 18-40 tahun, tidak sedang bekerja, tidak menempuh pendidikan formal, Minimal lulusan SMA se derajat untuk jurusan content creator, computer operator assisten, administrasi perkantoran, akuntansi junior dan desain grafis, sementara untuk lulusan SD diperuntukan untuk lainya.

Seluruh peserta juga bersedia mengikuti pelatihan sampai selesai, para peserta juga diminta untuk melampirkan foto copy KTP dan ijasah 1 lembar, kemudian melampirkan pas foto latar merah untuk ukuran 3×4 sebanyak 5 lembar.

Andi Farid menambahkan, untuk jadwal pelaksanaan di masing-masing angkatan dimulai Angkatan pertama di BLK Polewali Mandar yaitu pada tanggal 29 Januari – 09 Maret. Kemudian untuk Angkatan ke dua di BLK Majene pada tanggal 01 Februari – 14 Maret 2024. Angkatan ketiga di SMK 1 Topoyo Mamuju Tengah pada tanggal 26 Februari – 05 April 2024. Angkatan keempat di BLK Sulbar Mamuju pada tanggal 15 April – 27 Mei 2024.

Angkatan kelima di BLK Sulbar Mamuju pada tanggal 27 Mei – 08 Juli 2024. Angkatan keenam 05 Juli – 13 Agustus 2024 di BLK Sulbar Mamuju, Angkatan ketujuh 13 Agustus – 21 September 2024 di BLK Sulbar Mamuju, Angkatan kedelapan 23 September – 2 November 2024 di BLK Sulbar Mamuju dan Angkatan kesembilan 24 September – 04 November di SMK 1 Mamasa.

“Untuk lengkapnya bisa langsung ke BLK masing-masing Kabupaten,” ucap Andi Farid.

Andi Farid menjelaskan, bahwa dengan dilakukanya rekrutmen untuk calon tenaga terampil merupakan bagian dari optimalisasi seluruh BLK di Sulawesi Barat. itu juga sejalan dengan keinginan Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh.

“Tujuannya digelar ini untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat secara luas untuk bisa mendapatkan keterampilan agar ke depannya bisa menjadi Wirausahawan dan interpreneur di Sulbar,” tutupnya.

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.