Pernikahan Usia Anak Tinggi, Pemuda Harus Jadi Penggerak Pencegahan

Mamuju, Deskriptif.co.id – Pelopor Muda Inspirasi Kesehatan Sulawesi Barat menggelar sosialisasi dengan tema Pendewasaan Usia Nikah, Menuju Indonesia Maju dan Unggul. Kegiatan ini rencananya dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 1 – 3 Desember 2020.

Ketua Pelopor Muda Inspirasi Kesehatan Sulawesi Barat Suriadi Fihly menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pernikahan usia Dini. Mengingat Sulawesi barat masih memiliki angka pernikahan usia dini yang sangat tinggi.

Ia menyebutkan data statistik tahun 2015, terdapat 11,58 persen menikah di bawah usia 16 tahun. Kemudian laporan BPS pada 2016 menyebutkan perkawinan anak di Sulbar menempati urutan pertama di Indonesia dengan nilai 37 persen. Sedangkan tahun 2019 Sulawesi Barat menduduki peringkat pertama perkawinan anak usia dini.

“Dari data di atas menjadi perhatian serius kami, untuk menekan angka tersebut. Sehingga kami berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan ini. Lembaga ini juga konsen memperhatikan dan mendampingi permasalahan kesehatan di Sulawesi Barat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Hamzih menuturkan, angka pernikahan anak berbanding lurus dengan angka perceraian yang juga tinggi.

“Dan yang lebih banyak menggugat adalah perempuan,” bebernya.

Hamzih berharap dengan kegiatan tersebut, lahir penggerak yang akan melakukan pendidikan untuk mencegah meningkatnya pernikahan anak. Mulai dari edukasi bahwa menikah itu harus sesuai undang-undang, batas umur boleh menikah.

“Sampai aspek kedewasaan diri untuk memahami apa arti pernikahan itu,” jelasnya.

Kata Hamzih, termasuk pemahaman tentang aspek kesehatan bagi pasangan muda. Karena tidak menutup dikemudian hari ada masalah yang berkaitan dengan kesehatan disebabkan karena pernikahan dibawa umur.

“Bagaimana menahan diri untuk bisa tidak nikah di usia dini,” pungkasnya. (il)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mengaku Salah, Gubernur Diminta Proses Pencopotan Kadispora Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Provinsi Sulbar, menindaklanjuti tuntutan yang telah disodorkan dalam gerakan aksi 2 Agustus 2021, diantaranya pencopotan, Kadispora Sulbar dan Kabid Kepemudaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Aliansi, Sofliadi. Berdasarkan pertemuan massa aksi yang difasilitasi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi yang juga dihadiri pihak Komisi IV, menghadirkan Kadispora Sulbar […]

Bagikan

11 Pejabat Dirotasi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 pejabat administrator dilingkungannya, Jumat (06/08/2021). Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, M Muflih B Fattah mengatakan, rotasi jabatan di lingkup Kemenag Sulbar memang harus dilakukan karena tuntutan organisasi. Hal itu juga sebagai bentuk penyegaran bagi pejabat ditempat mereka yang […]

Bagikan

Permudah Nelayan, DPK Mateng Ciptakan Aplikasi Penangkap Ikan

Deskriptif.co.id, Mamuju Tengah – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah (Mateng), temukan terobosan baru ciptakan aplikasi pendeteksi ikan guna mempermudah penangkapan ikan bagi nelayan di laut. I Made Kardiana, merupakan sosok yang mempelopori pembuatan aplikasi itu, juga sekaligus Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Mateng, menuturkan, aplikasi itu bernama Pamekang berasal dari bahasa Mamuju […]

Bagikan

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan