Apresiasi Ketua DPRD Sulabr untuk Pelaksanaan Pilkada Serentak yang Damai

Deskriptif.co.id, Mamuju – Empat kabupaten di Sulawesi Barat baru saja menuntaskan peroses pemugutan suara untuk pada 9 Desember 2020 yang lalu. Secara umum, jalannya momentum menentukan itu berjalan lancar dan aman.

DPRD Sulawesi Barat mengaresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam kesuksesan pelaksanaan pemungutan suara, khususnya kepada KPU dan Bawaslu serta TNI dan pihak kepolisian. Ketua DPRD Sulawesi Barat, Suraidah Suhardi menyebut, salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan pmungutan suara itu adalah tingginya angja partisipasi pemilih.

“Saya kira kita patut bersyukur akan tingkat partisipasi pemilih di Sulbar tertinggi se-Indonesia. Termasuk pelanggaran-pelanggaran di pemungutan suara juga terbilang tidak begitu massif,” ucap Suraidah Suhardi, Rabu (16/12/2020).

“Kita perlu mengapresiasi penyelenggara Pilkada yang telah bekerja secara maksimal. Termasuk pemerintah daerah lewat supportnya untuk pelaksanaan Pilkada yang secara umum berjalan lancar. Terlebih karena pelaksanaan Pilkada digelar di tengah pandemi covid 19 yang belum juga reda,” sambung dia.

Video Bupati terpilih Majene, A. Syukri Tammalele (AST) berpelukan dengan Wakil Bupati Majene, Lukman beredar luas di jadag media sosial. Dalam video tersebut, keduanya tampak berpelukan sebagai tanda ucapan selamat atas kemenangan pasangan ASTAris pada Pemilukada Majene, 9 Desember lalu.

Seperti diketahui, pasangan Patmawati-Lukman merupakan petahana. Namun kemenangan justru berpihak kepada pasangan ASTAris. Suraidah Suhardi memberi atensi positif untuk hal di atas. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh kedua figur tersebut adalah bukti bahwa persaudaraan lebih penting untuk dijaga, dari pada sekadar meraih target Politik.

“Saya kira ini merupakan perilaku yang patut dicontoh sebagai bentuk kedewasaan berdemokrasi. Dan Majene punya tradisi politik yang memang selalu berakhir dengan rekonsiliasi. Para elit Politik di Majene rupanya paham betul, bahwa politik itu merupakan sarana saja. Lebih dari itu, politik tidak boleh mencederai hubungan dan relasi kemanusiaan,” kata Suraidah.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Lukman dan Andi Sukri, merupakan langkah untuk meretas segala macam sekat-sekat politik yang ada.

“Yang hebat di Majene itu, bukan hanya karena berhasil melahirkan pemimpin dari hasil Pemilukada 9 Desember. Tapi juga, elit politik di sana berhasil mempertahankan karakter kesantunan dan kemanusiaan,” begitu kata Suraidah Suhardi. (Adv)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mengaku Salah, Gubernur Diminta Proses Pencopotan Kadispora Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Provinsi Sulbar, menindaklanjuti tuntutan yang telah disodorkan dalam gerakan aksi 2 Agustus 2021, diantaranya pencopotan, Kadispora Sulbar dan Kabid Kepemudaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Aliansi, Sofliadi. Berdasarkan pertemuan massa aksi yang difasilitasi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi yang juga dihadiri pihak Komisi IV, menghadirkan Kadispora Sulbar […]

Bagikan

11 Pejabat Dirotasi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulbar

Mamuju, Deskriptif.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 pejabat administrator dilingkungannya, Jumat (06/08/2021). Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, M Muflih B Fattah mengatakan, rotasi jabatan di lingkup Kemenag Sulbar memang harus dilakukan karena tuntutan organisasi. Hal itu juga sebagai bentuk penyegaran bagi pejabat ditempat mereka yang […]

Bagikan

Permudah Nelayan, DPK Mateng Ciptakan Aplikasi Penangkap Ikan

Deskriptif.co.id, Mamuju Tengah – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah (Mateng), temukan terobosan baru ciptakan aplikasi pendeteksi ikan guna mempermudah penangkapan ikan bagi nelayan di laut. I Made Kardiana, merupakan sosok yang mempelopori pembuatan aplikasi itu, juga sekaligus Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Mateng, menuturkan, aplikasi itu bernama Pamekang berasal dari bahasa Mamuju […]

Bagikan

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa : Apabila Ada yang Meminta Uang Dalam Seleksi TNI AD Segera Dilaporkan

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Video conference Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dengan seluruh orang tua/wali Calon Taruna Akademi Militer Bertempat di Puskodal Markas besar TNI AD dengan para orang tua calon Taruna yang berada pada Sub. Panda masing – masing ditingkat Kodam dan Korem, termasuk Korem 142/Tatag dihadiri 4 orang tua calon Taruna Akademi Militer Sub. […]

Bagikan